Polda Metro Pastikan Periksa Ketua KPK Firli Bahuri di Kasus Pemerasan

Akan dipanggil saat layak dimintai keterangan

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya memastikan akan memeriksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, terkait kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto, mengatakan, Firli Bahuri pasti akan diperiksa oleh penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dalam kasus ini jika sudah layak diperiksa.

“Kalau sudah layak dimintai keterangan sebagai saksi, ya, kita mintakan. Nanti kita lihat,” kata Karyoto saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat (13/10/2023).

Mantan Deputi Penindakan KPK itu menuturkan, untuk menentukan layak tidaknya seseorang diperiksa adalah dengan melihat apakah ada keterkaitan orang tersebut dengan kasus yang ditangani oleh penyidik.

Kendati demikian, Karyoto mengaku tidak mengetahui kapan jadawal pemeriksaan terhadap Firli Bahuri tersebut digelar.

“Ya keterkaitannya dong, terkait atau tidak,” ujar dia.

“Nanti saya tanya penyidik dulu ya. Nanti dia yang jelaskan kalau jadwal itu aku gak tahu soal itu,” kata dia lagi.

Sementara itu, saat ditemui terpisah, Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, mengatakan, pihaknya segera menjadwalkan untuk memeriksa Firli Bahuri terkait kasus ini.

Kendati demikian, mantan Kapolresta Surakarta itu belum merinci kapan jadwal pemeriksaan terhadap pimpinan lembaga antirasuah itu.

“Nanti kita jadwalkan. Nanti kita bahas lagi,” kata dia.

Diketahui, kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo oleh pimpinan KPK telah naik ke tahap penyidikan di Polda Metro Jaya.

Hingga saat ini, sebanyak 12 orang saksi telah diperiksa oleh penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya saat kasus ini sudah naik ke tahap penyidikan.

“Total sudah 12 saksi diperiksa dalam tahap penyidikan,” kata dia.

Baca Juga: KPK Tolak Saran ICW Tidak Libatkan Firli Bahuri di Kasus Syahrul Limpo

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya