PKS Terbuka Koalisi dengan PDIP demi Dukung Anies-Sohibul di Jakarta

PKS sejauh ini mulai menjajaki koalisi dengan Nasdem

Jakarta, IDN Times - Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyatakan, masih membuka peluang untuk berkoalisi dengan PDIP untuk mendukung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Syaikhu menegaskan, PKS akan terus membuka koalisi dengan sejumlah partai politik demi mendukung Anies-Sohibul.

"Iya sangat mungkin (koalisi bareng PDIP). Kalau kita tadi akan mengajak berbagai partai yang lain juga untuk mengusung pasangan ini," ucapnya, di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Meski begitu, Syaikhu mengatakan, sampai hari ini belum ada komunikasi resmi yang telah dilakukan oleh PKS dengan PDIP.

"Secara resmi saya belum (berkomunikasi dengan PDIP)," ujar dia.

Sementara itu, nama Sohibul saat ini telah ditugaskan sebagai pendamping Anies Baswedan. Padahal, sebelumnya diumumkan bahwa Sohibul Iman merupakan calon tunggal untuk bakal calon gubernur DKI Jakarta dari PKS.

Langkah ini, kata dia, dilakukan karena PKS mendengar aspirasi yang muncul di tingkat DPW PKS Jakarta. Partainya juga berusaha untuk melihat realita kenyataan yang ada bahwa nama Anies Baswedan masih memuncaki berbagai lembaga survei.

"Kita melihat realitas kenyataan bagaimana usulan dari DPW, juga masukan-masukan dari berbagai pihak yang juga kita menampung," kata dia.

"Saya kira PKS juga raealistis untuk pengusulan di DKI itulah komposisi yang terbaik," lanjutnya.

Sebelumnya, Jubir PKS Pipin Sopian mengatakan, partainya sejauh ini mulai menjajaki koalisi dengan Partai NasDem untuk Pilkada Jakarta 2024.

Penjajakan itu telah dilakukan oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam sebuah pertemuan yang dilakukan di NasDem Tower pada Jumat (21/6/2024) lalu.

"Di Pilkada DKI sebetulnya ada kesamaan harapannya bisa berkoalisi antara NasDem dan PKS tinggal masalah nama tentu kita melakukan pembahasan nama siapa dengan siapa dan tentu dari hasil itu dibahas di internal PKS," kata Pipin.

Baca Juga: PKS Dukung Anies-Sohibul, PDIP: Selamat, tapi Tak Bisa Usung Sendiri

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya