PKS Sebut Jokowi Sodorkan Kaesang ke Semua Parpol untuk Pilkada DKI

PKS sebut Jokowi selama ini sudah cawe-cawe

Intinya Sih...

  • PKS menyebut Presiden Jokowi menyodorkan putranya, Kaesang Pangarep, ke semua parpol untuk Pilkada Jakarta.
  • PKS mendapat tawaran posisi cawagub dari Koalisi Indonesia Maju.
  • PKS resmi mengusung Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai pasangan cagub-cawagub di Pilkada Jakarta 2024.

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Aboe Bakar Al Habsyi menyampaikan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo sudah bergerilya menyodorkan nama Kaesang Pangarep untuk Pilkada Jakarta 2024. Salah satunya kepada PKS.

Aboe menyebut, Jokowi memang berupaya terlibat atau cawe-cawe di Pilkada Jakarta. PKS pun tak masalah dengan hal itu.

"Kan udah biasa cawe-cawe mulai dari presiden (pilpres) sampe nanti (pilkada). Biasa. Jadi nggak ada masalah biar saja," kata Aboe di Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Ia mengeklaim, Jokowi selama ini bahkan sudah menyodorkan nama Kaesang Pangarep kepada semua partai politik, termasuk PKS.

"Sudah-sudah, sudah nyodorkan. Sudah nyodorkan. Kita liat aja. Ke mana-mana," ujar dia.

Baca Juga: Celetuk NasDem Soroti Kaesang Rajin Salat Jumat di DKI Jelang Pilkada

1. PKS akui dapat tawaran posisi cawagub dari KIM

PKS Sebut Jokowi Sodorkan Kaesang ke Semua Parpol untuk Pilkada DKIPresiden PKS Ahmad Syaikhu mengakui partainya dapat tawaran posisi cawagub dari KIM. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Presiden PKS, Ahmad Syaikhu mengakui, partainya mendapatkan tawaran posisi bakal calon wakil gubernur (cawagub) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Syaikhu mengatakan, PKS tak serta merta menindaklanjuti tawaran itu karena masih mempertimbangkan mengusung kader sendiri di Pilkada Jakarta. 

"Ada itu makanya sedang kita coba analisis, kita kaji mana kira-kira yang nanti paling maslahat, kira-kira gitu," kata Syaikhu.

Baca Juga: PKB Nilai PKS Blunder karena Buru-buru Umumkan Anies-Sohibul

2. PKS resmi usung Anies-Sohibul

PKS Sebut Jokowi Sodorkan Kaesang ke Semua Parpol untuk Pilkada DKIAnies Baswedan dan Sohibul Iman (ANTARA FOTOIDN Times/Amir Faisol)

Saat ini, PKS telah resmi mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai pasangan cagub-cawagub di Pilkada Jakarta 2024.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, dalam sekolah kepempimpinan partai yang digelar PKS, di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

"PKS pada rapat di hari Kamis 20 Juni 2024, telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan bapak Mohammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur (Jakarta)," kata Syaikhu.

Baca Juga: Profil Mohamad Sohibul Iman, Bacawagub Anies di Pilkada DKI 2024

3. Anies yakin masih ad partai lain yang mau dukung, selain PKS

PKS Sebut Jokowi Sodorkan Kaesang ke Semua Parpol untuk Pilkada DKIAnies Baswedan hadir di acara Ngobrol Seru by IDN Times pada Selasa (11/6/2024). (IDN Times/Tata Firza)

Mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi dukungan yang diberikan PKS di Pilkada Jakarta 2024. Anies mengaku segera menemui Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan pimpinan partai lain untuk menindaklanjuti dukungan tersebut.

InsyaAllah saya sekembalinya ke Tanah Air, kami segera berkomunikasi dengan pimpinan PKS untuk membahas langkah-langkah lebih jauh atau tindak lanjut ke depan, begitu juga dengan pimpinan-pimpinan partai lain,” kata Anies.

Anies mengatakan, selama ini telah berjuang bersama PKS, baik di tingkat nasional maupun di Jakarta. Anies sejauh ini sudah mendapatkan dua tiket dukungan untuk maju di Pilkada Jakarta 2024, yaitu dari PKS dan DPW PKB Jakarta.

Ia pun optimistis masih ada partai-partai lain yang akan memberikan dukungan untuk maju pada Pilkada Jakarta 2024.

Alhamdulillah sesudah PKB dan PKS insyaAllah akan ada partai-partai lain yang mau berjuang bersama, untuk mengembalikan Jakarta menjadi kota yang maju kotanya bahagia warganya,” kata dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya