PKB Masih Ngarep Marzuki Mustamar Maju Pilgub Jawa Timur

PKB serahkan keputusan ke Marzuki Mustamar

Jakarta, IDN Times - Ketua Desk Pilkada PKB Abdul Halim Iskandar menyampaikan, partainya masih berharap Mantan Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024 November mendatang.

Terlebih, Halim mengatakan, PKB banyak menerima aspirasi dari lapisan masyarakat agar KH Marzuki Mustamar maju pada Pilgub Jatim.

“PKB tentu sangat senang dan berharap KH Marzuki bisa running dalam kontestasi pilgub. Namun, semuanya nanti akhirnya kami kembalikan kepada beliau,” kata Halim di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024).

1. PKB tau mau maksa KH Marzuki

PKB Masih Ngarep Marzuki Mustamar Maju Pilgub Jawa TimurKetua Desk Pilkada PKB Abdul Halim Iskandar akui pihaknya masih kaji kans kemenangan Anies di Pilkada Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua DPP PKB itu menegaskan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya keputusan terebut kepada KH Marzuki untuk maju pada Pilgub Jawa Timur.

“PKB tentu sangat senang dan berharap KH Marzuki bisa running dalam kontestasi pilgub. Namun, semuanya nanti akhirnya kami kembalikan kepada beliau,” kata dia.

PKB kata dia, tetap akan mendengar semua ucapan yang disampaikan oleh KH Marzuki kalaupun pada akhirnya tak mau maju pada Pilgub Jatim.

“Setelah melakukan perhitungan, mengatakan jangan saya, tentu kami akan derek (patuhi) apa yang menjadi dawuhnya KH Marzuki,” kata dia.

Baca Juga: Gerindra Dorong Kader Mudanya Vasco Ruseimy Maju Pilgub Sumbar

2. Nama Marzuki makin populer usai diberhentikan oleh PBNU

PKB Masih Ngarep Marzuki Mustamar Maju Pilgub Jawa TimurIlustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Halim menuturkan bahwa Marzuki merupakan figur yang semakin populer di kalangan masyarakat setelah diberhentikan sebagai PWNU Jatim oleh PBNU.

"Beliau juga tokoh dan ikon NU Jatim yang luar biasa yang semakin populer setelah mendapat perlakuan-perlakuan yang tidak bagus itu, setelah diberhentikan oleh PBNU malah semakin populer. Maka perguliran aspirasi itu ternyata dampak itu salah satunya," ujarnya.

Diketahui, pasangan yang kemungkinan besar maju di Pilgub Jatim adalah Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. Jika Marzuki maju Pilgub Jatim melalui PKB, maka dia akan melawan Khofifah.

3. Duet Khofifah-Emil kiat kokoh di Pilgub Jatim

PKB Masih Ngarep Marzuki Mustamar Maju Pilgub Jawa Timur

Duet Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak masih memuncaki elektabilitas Pilgub Jawa Timur 2024. Angka itu terekap dalam hasil survei yang dirilis oleh Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI).

Berdasarkan, survei ARCI simulasi, Khofifah-Emil meraih elektabilitas di angka 60,8 persen. Angka ini jauh mengungguli lawan dalam simulasinya yakni Mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar yang digandengkan dengan kader PKB Thoriqul Haq dengan angka 25,8 persen.

"Sementara ada 13,5 persen responden yang belum menentukan pilihan. Duet Khofifah-Emil memang paling potensial menang dan angkanya diprediksi bisa telak," ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt.

Baihaki menambahkan, jika Khofifah disimulasikan dengan Emil Dardak, maka akan sulit dikalahkan di Bumi Majapahit.

"Ketika diduetkan, di mana Khofifah sebagai cagub dengan elektabilitas tertinggi berduet dengan Emil yang notabene cawagub dengan elektabilitas tertinggi, maka duet ini sulit dikalahkan," kata dia.

Baca Juga: 38,7 Juta Warga Jawa Timur Terdaftar sebagai Peserta BPJS Kesehatan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya