Perang Bintang di Pilkada Jateng, Panglima TNI: Tak Ada Pengamanan Khusus

Andika Perkasa tantang Luthfi

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memastikan, tak ada pengamanan khusus di Provinsi Jawa Tengah menyusul adanya perang bintang di Pilkada 2024

Jateng merupakan salah satu provinsi yang menarik perhatian publik di Pilkada 2024. Sebab, Mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Mantan Kapolda Komjen Pol Ahmad Luthfi, ikut mentas dalam pemilihan gubernur.

Hal tersebut disampaikan Agus Subiyanto usai Rapat Kerja bersama Komisi I DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

"Nggak ada (penebalan pengamanan), kita kewilayahan aja pengamanannya. Kita jaga sama-sama keamanan, kalau negara ini aman rakyat sejahtera," kata Agus Subiyanto.

1. TNI petakan daerah rawan di Pilkada 2024

Perang Bintang di Pilkada Jateng, Panglima TNI: Tak Ada Pengamanan KhususPanglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bicara mengenai urgensi wacana pembentukan matra keempat. (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih jauh, Agus menyampaikan, pihaknya sudah memetakan daerah-daerah rawan selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Dia pun mengakui bahwa pilkada sedikit berbeda dengan pelaksanaan Pilpres 2024.

Menurut dia, Pilkada 2024 akan lebih dinamis dibandingkan dengan pilpres, sehingga keamanan di masyarakat menjadi salah satu yang harus diantisipasi dengan baik. 

"Ya memang kalau Pilkada lebih dinamis, saya sudah memetakan dan saya rasa para anggota sudah memetakan wilayah-wilayah mana yang memang rawan," tutur dia.

Baca Juga: Pilgub Jateng Cuma Diikuti 2 Paslon, KPU: Masih Tersisa 775 Ribu Suara

2. Pengamanan di semua wilayah sama

Perang Bintang di Pilkada Jateng, Panglima TNI: Tak Ada Pengamanan KhususPanglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bicara mengenai urgensi wacana pembentukan matra keempat. (IDN Times/Amir Faisol)

Agus juga memastikan, TNI tak membeda-bedakan wilayah mana yang harus diprioritaskan, meskipun ada Jawa Tengah yang akan terjadi perang bintang pada Pilkada 2024.

Selain TNI, dia  juga memastikan jika unsur kepolisian bakal membantu TNI dalam pengamanan Pilkada 2024.

Terlepas dari itu, dia mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kondusifitas di daerahnya.

"Semuanya, semua wilayah dianggap sama ya, supaya kita lebih pengamanannya lebih serius. Saya rasa kan tidak hanya TNI nanti, kan ada kita sama-sama dengan Kepolisian dengan masyarakat yang ada di wilayah," kata dia.

3. Perang bintang di Pilkada Jawa Tengah

Perang Bintang di Pilkada Jateng, Panglima TNI: Tak Ada Pengamanan KhususBakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Baik Andika Perkasa dan Ahmad Luthfi, sudah memastikan diri siap bertarung di perang bintang Pilgub Jawa Tengah 2024.

Luthfi mengaku tak mempermasalahkan ketika tahu Andika Perkasa turut meramaikan kontestasi Pilgub Jateng. Dirinya siap berhadapan dengan figur manapun pada Pilgub Jateng. 

"Siapapun ndak apa-apa," kata Luthfi. 

Sementara itu, Andika Perkasa mengaku kenal baik Ahmad Luthfi. Ia mengaku telah mengenal Luthfi sejak tahun 2014 lalu. 

"Yang jelas kami saling menghargai, kami secara pribadi kenal dengan Mas Luthfi cukup lama sejak 2014 dan saya tahu mas Luthfi adalah orang yang baik kemudian juga punya pengetahuan yang dalam," ujar Andika.

Baca Juga: Tes Kesehatan di RS Kariadi, Andika dan Ahmad Luthfi Sarapan Bareng

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya