Pendaftaran CPNS Kemendikbud dan Kemenag Diperpanjang Tiga Hari

Pendaftaran CPNS sedianya ditutup 10 September 2024

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Azwar Annas, memastikan, pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Agama (Kemenag) diperpanjang selama tiga hari. Pendaftaran CPNS secara keseluruhan sedianya akan ditutup pada Selasa (10/9/2024) pukul 00.00 WIB.

Azwar mengatakan, berdasarkan data terakhir, ada sebanyak 3,7 juta pendaftar yang mendaftar CPNS. Namun, dua kementerian tersebut bersurat ke Kemenpan RB untuk memperpanjang waktu pendaftarannya.

"Yang menarik, per tadi pagi formasi ini yang mendaftar sudah 3,7 juta. Jadi besar sekali pendaftar. Karena nanti malam itu menjadi terakhir," kata Azwar Anas di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

"Kecuali ada dua insititusi yang meminta waktu lagi karena jumlahnya sangat besar yaitu di Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama, itu akan ditambah tiga hari lagi (penutupan pendaftarannya)," lanjut dia.

Azwar mengatakan, kuota formasi di kedua kementerian itu cukup besar, bisa mencapai 20 ribu. Oleh karena itu, pihaknya memutuskan untuk memperpanjang pendaftaran CPNS di Kementerian Agama dan Kemendikbudristek.

"Mereka formasinya ada yang di atas 20 ribu sehingga ini perlu waktu dan seterusnya, dan seterusnya," ujar dia.

Lebih jauh, Azwar mengatakan, pemerintah sudah membuka sebanyak 600 ribu formasi pada pembukaan CPNS tahun 2024 untuk mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate. Namun, kata dia, baru ada sekitar 250 ribu pendaftar dari fresh graduate.

"Setelah kita tunggu bekali-kali formasi yang masuk dan yang sesuai kurang lebih hanya 250 ribu. Karena sebagian kita tidak approve, sebagian formasi yang diajukan itu formasi teknis," tutur dia.

Diketahui, KemenPAN-RB membuka pendaftaran CPNS 2024 mulai tanggal 20 Agustus 2024 hingga 6 September 2024. Pendaftaran kemudian diperpanjang sampai Selasa (10/9/2024).

Adapun, proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui portal resmi yang telah disediakan di website https://sscasn.bkn.go.id.

Baca Juga: Lokasi Tes CPNS Apakah Harus Sesuai Domisili? Ini Jawabannya!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya