PBNU: 5 Aktivis Temui Presiden Israel Tak Mewakili NU, Bukan Pengurus!

PBNU sesalkan kelima orang aktivis itu bertemu Isaac Herzog

Jakarta, IDN Times - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) buka suara terkait lima orang aktivis yang diam-diam bertemu Presiden Israel Isaac Herzog.

Ketua PBNU Bidang Hukum dan Media, Savic Ali menegaskan, kelima orang aktivis itu menemui Isaac Herzog tanpa sepengetahuan organisasinya. Ia pun menegaskan, pertemuan itu tidak mewakili NU.

"Mereka sepertinya berkunjung ke Israel, tapi itu tanpa sepengetahuan PBNU dan tidak mewakili NU. Sebagian dari mereka juga bukan pengurus, tapi warga," kata Savic Ali saat dihubungi, di Jakarta, Senin (15/7/2024).

Lebih jauh, Savic menegaskan, pimpinan PBNU juga tidak mengetahui kapan kelima cendikiawan itu berangkat ke Israel. PBNU, kata dia, juga tidak mengetahui maksud kedatangan mereka ke Israel karena tidak pernah berkonsultasi.

PBNU menyesalkan kelima orang aktivis itu bertemu Isaac Herzog. Mengingat Israel sampai saat ini masih melakukan genjatan senjata ke warga Palestina.

"Saya dan Gus Yahya (Ketum) juga tidak tahu kapan berangkatnya dan dalam rangka apa, karena mmg tidak konsultasi dengan PBNU," ucapnya.

"Tapi yang jelas itu sangat disesalkan, mengingat Israel masih tak berhenti menjatuhkan bom dan menembakkan peluru ke warga Palestina," lanjutnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya