Menlu Retno Pamit ke Komisi I DPR: I Love You All

10 tahun bukan waktu yang mudah

Intinya Sih...

  • Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi berpamitan ke Anggota dan Pimpinan Komisi I DPR RI sebagai mitra kerja menjelang akhir masa jabatannya pada Oktober 2024.
  • Retno mengaku akan selalu menjadi sahabat para Anggota dan pimpinan Komisi I DPR RI setelah 10 tahun bekerja sama.

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi berpamitan ke Anggota dan Pimpinan Komisi I DPR RI sebagai mitra kerja menjelang akhir masa jabatannya pada Oktober 2024.

Namun, Retno mengaku akan selalu menjadi sahabat para anggota dan pimpinan Komisi I DPR RI setelah 10 tahun bekerja sama. 

"Saya retno marsudi tetap akan menjadi saudara dan teman dari ibu bapak sampai kapanpun and I love you all. Maturnuhun sangat," kata Retno di Komisi I DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (5/9/2024). 

1. Pemerintahan hampir mencapai garis finish

Menlu Retno Pamit ke Komisi I DPR: I Love You AllMenlu Retno Marsudi menerima kunjungan bilateral Menlu Latvia Baiba Braže. (IDN Times/Amir Faisol)

Pada kesempatan itu, Retno menyampaikan, pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo hampir mencapai garis finish yang akan berakhir pada Oktober 2024 mendatang. Ia pun berharap semoga pemerintahan Jokowi sampai garis finish dengan baik.

Setelah 10 tahun bekerja sama, Retno dalam rapat kerja itu berulang kali berterima kasih kepada anggota dan pimpinan Komisi I. Menurut dia, pekerjaan di Kementerian Luar Negeri tidak mungkin tercapai kalau tidak ada dukungan dari Komisi I DPR RI.

"So i just want to say thank you, thank you so much and i enjoy very much working with you (jadi saya mau menyampaikan terima kasih, terima kasih banyak, dan saya senang bekerja dengan Anda semua)," kata dia. 

"Hubungan kerja bisa berakhir, ini khusus menjawab pak Utut, hubungan persaudaraan dan kasih sayang tdk akan berakhir," lanjut dia.

Baca Juga: Menlu Retno: Latvia Mitra Dagang Penting Bagi Indonesia

2. Retno: 10 tahun bukan waktu yang mudah

Menlu Retno Pamit ke Komisi I DPR: I Love You AllMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (dok. Kemlu RI)

Bagi Retno, 10 tahun ini bukan waktu yang mudah untuk memimpin diplomasi Indonesia di luar negeri di tengah tantangan dunia yang tak mudah. 

Meski begitu, ia mengatakan bahwa diplomasi Indonesia sudah berkembang sangat baik dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini. 

"Diplomasi Indonesia berusaha terus memberikan kontribusi tidak saja untuk kepentingan nasional tetapi juga berkontribusi kepada dunia," tutur dia.

3. Retno sempat pamitan di dubes Asing di Jakarta

Menlu Retno Pamit ke Komisi I DPR: I Love You AllMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Kamboja Sok Chenda Sophea. (dok. Kemlu RI)

Sebelumnya, Retno Marsudi juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada para duta besar asing di Jakarta, yang hadir dalam peresmian wajah baru Gedung Pancasila di Kementerian Luar Negeri RI.

Peresmian ini juga dihadiri oleh jajaran duta besar asing di Jakarta. Spesial, Utusan Khusus Presiden Palestina, Riyad al-Maliki juga hadir.Hadir pula tiga mantan menlu pendahulu Retno, yaitu Alwi Shihab (1999-2001), Hassan Wirajuda (2001-2009), dan Marty Natalegawa (2009-2014).

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada Anda sekalian, atas semua kerja sama yang baik selama 10 tahun terakhir. Indonesia akan memiliki pemerintahan baru pada 20 Oktober dan saya yakin bahwa Indonesia akan tetap menjadi mitra terpercaya untuk perdamaian dan kesejahteraan,” kata Retno, di Jakarta, Senin (19/8/2024) lalu.

“Ucapan terima kasih khusus saya sampaikan kepada semua pendahulu saya. Diplomasi Indonesia sampai pada titik ini karena mereka semua,” sambungnya.

Baca Juga: Menlu Retno: Relasi Indonesia-AS Harus Didasari Prinsip Inklusivitas

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya