Kaesang Usulkan Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jakarta

Kaesang sebut Golkar masih punya waktu

Intinya Sih...

  • Kaesang Pangarep mengusulkan Ridwan Kamil diusung Golkar di Pilkada Jakarta 2024.
  • Kaesang menilai masih banyak waktu bagi Partai Golkar dan partai di Koalisi Indonesia Maju untuk mempertimbangkan calon.
  • Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Golkar terus berkoordinasi terkait nama yang bakal diusung dalam pilkada di Jakarta.

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menilai Ridwan Kamil bisa menjadi lawan Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta 2024 pada November. Ia pun mengusulkan supaya Ridwan Kamil diusung Golkar di Jakarta, bukan di Jawa Barat. 

Usulan itu bahkan disampaikan secara langsung Kaesang di hadapan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, pengurus DPP Partai Golkar, dan pengurus DPP PSI usai bersilaturahmi di Kantor DPP Partai Golkar, Kamis, 11 Juli 2024 lalu.

"Kalau kita lihat di survei, Pak Anies sekarang yang paling tinggi. Tapi, saya rasa Golkar juga punya jagoan, Pak Ketum. Ada Pak RK, mungkin kalau Pak RK sudah bosan di Jabar bisa mencari tantangan baru di Jakarta,” ungkap Kaesang, di Jakarta, dikutip, Sabtu (13/7/2024).

Baca Juga: Maju di Pilkada Jakarta atau Jabar? Ridwan Kamil: Masih Hitung Koalisi

1. Kaesang sebut Golkar dan KIM masih punya waktu

Kaesang Usulkan Ridwan Kamil Maju di Pilkada JakartaKetum PSI Kaesang Pangarep ketika berbincang dengan Ketum Airlangga Hartarto di DPP Golkar. (IDN Times/Santi Dewi)

Menurut Kaesang, masih banyak waktu bagi Partai Golkar dan partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mempertimbangkan berbagai hal sebelum mengumumkan nama yang akan diusung dalam pilkada di Jakarta. 

Dia menilai, masih ada waktu sampai batas akhir pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur pada 29 Agustus mendatang.

"Kan politik sangat dinamis, khususnya di Jakarta. Jadi, kita tunggu saja sampai akhir pendaftaran di 29 Agustus,” kata dia. 

2. Airlangga sebut Golkar masih kaji Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta

Kaesang Usulkan Ridwan Kamil Maju di Pilkada JakartaMenteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan partainya masih terus berkoordinasi terkait nama yang bakal diusung di pilkada di Jakarta, termasuk di antaranya RK sebagai salah seorang kader Partai Golkar yang sudah mendapat surat tugas. 

"Untuk RK, masih kita evaluasi dan kita masih bicara dengan partai-partai pendukung di KIM,” kata dia. 

Airlangga mengatakan, Golkar bakal terus mencermati dinamika dan perkembangan ke depan. Mengingat pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur untuk pilkada Jakarta masih cukup lama. Partai Golkar 

”Terkait dengan Jakarta, seperti tadi saya sampaikan, karena masih sampai 27 Agustus maka tentu masih lakukan (kami) evaluasi,” kata dia.

Baca Juga: Golkar Klaim 73 Persen Warga Jabar Ingin Dipimpin Ridwan Kamil

3. PAN akui Ridwan Kamil cukup berat maju di Jakarta

Kaesang Usulkan Ridwan Kamil Maju di Pilkada JakartaWakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno. (Dok. Parlementaria)

Sebelumnya, Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno mengakui, bahwa Ridwan Kamil tidak tertandingi untuk maju di Pilkada Jawa Barat 2024. Ia pun menlai, Ridwan Kamil membutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk maju di Jakarta.

Eddy mengatakan, ketua umum partai politik yang tergabung di dalam KIM tentu akan berembuk untuk mengambil kesimpulan strategis untuk dua daerah ini di Pilkada 2024 mendatang.

“Kami lihat bahwa RK dalam survei-survei praktis tidak tertandingi di Jabar. Tapi kalau di Jakarta tentu membutuhkan perjuangan yang cukup berat

Meski begitu, Eddy mengatakan, Ridwan Kamil saat ini merupakan kader Partai Golkar. Oleh sebab itu, yang bisa merelakan apakah Ridwan Kamil maju di Jakarta atau Jawa Barat sepenuhnya ada di tangan Golkar. 

Karena itu, para ketua umum parpol akan berembuk untuk mengambil keputusan terhadap Ridwan Kamil apakah nantinya tetap maju di Jawa Barat atau tidak.

“Kita harus berembuk karena kan RK adalah kadernya Partai Golkar. Sehingga yang bisa relakan Ridwan Kamil untuk bertarung apakah di DKJ ataupun di jabar itu adalah partai Golkar. Jadi itu yang akan kita bahas bersama-sama,” kata dia.

Tapi yang jelas kata dia, PAN akan mengajukan nama Zita Anjani sebagai cawagub di Pilkada Jakarta 2024. Kemudian, nama Bima Arya atau Desy Ratnasari untuk cawagub di Jawa Barat.

“Tetapi yang jelas PAN akan mengajukan Zita Anjani untuk Pilkada DKJ sebagai cawagub dan Bima Arya atau Desy Ratnasari untuk cawagub di Jabar,” kata dia.

Baca Juga: Survei Terbaru Pilkada Jabar 2024, Ridwan Kamil Masih Juara

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya