Jubir Sebut Anies Pemimpin Pemersatu Umat Sesuai Kriteria Menag Yaqut

Menaq Yaqut imbau masyarakat perika rekam jejak capres

Jakarta, IDN Times  - Juru Bicara Bacapres Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian, menegaskan, Anies termasuk pemimpin pemersatu umat seperti yang disampaikan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut.

“Alhamdulillah, Pak Anies Baswedan masuk kriteria Pak Menag sebagai pemersatu umat,” kata Angga di Jakarta, Senin (4/9/2023).

Baca Juga: NasDem Sebut Anies-AHY Ibarat Gagal Nikah, Akad Belum Diucapkan

1. Ungkap bukti Anies adalah pemimpin pemersatu umat

Jubir Sebut Anies Pemimpin Pemersatu Umat Sesuai Kriteria Menag YaqutBakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menanggapi gugatan batas usia Cawapres di Mahkamah Konstitusi (MK). (IDN Times/Amir Faisol)

Angga mengungkapkan bukti bahwa Anies termasuk pemimpin yang mempersatukan umat. Ia mengatakan, hal itu bisa dilihat saat Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Menurut dia, selama lima tahun masa kepemimpinan Anies, Jakarta bisa sejuk dan kondusif tanpa ada gesekan antarumat beragama.

“Insyaallah hal ini akan diwujudkan juga di Indonesia nanti,” katanya.

Baca Juga: AHY Gagal Cawapres Anies, NasDem: Belum Garis Tangan Jangan Kepedean

2. Anies disebut pro terhadap prularisme

Jubir Sebut Anies Pemimpin Pemersatu Umat Sesuai Kriteria Menag YaqutBakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menanggapi gugatan batas usia Cawapres di Mahkamah Konstitusi (MK). (IDN Times/Amir Faisol)

Angga menambahkan, Anies kerap melahirkan kebijakan yang pro pada pluralisme, kesamaan hak, dan kebebasan warga untuk berkelompok atau berserikat.

“Pak Anies bisa mengeluarkan izin gereja di tengah komunitas muslim,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya, Anies juga bisa mengeluarkan izin pembangunan masjid di tengah komunitas beragama lainnya.

Selama memimpin Jakarta, Anies juga menginisiasi program menyanyikan lagu-lagu Natal di area terbuka (Christmas Carol). Hal ini digelar untuk menyemarakkan suasana menjelang Natal yang digelar di sejumlah ruang publik Jakarta.

“Selama memimpin Jakarta, Pak Anies juga mengeluarkan izin pembangunan masjid di tengah komunitas Kristen. Warga Jakarta juga bisa menikmati Christmas Carol,” kata dia.

Baca Juga: Ditelikung Cak Imin, AHY Akhirnya Memaafkan Anies dan Move On

3. Menag Yaqut imbau masyarakat cek rekam jejak capres

Jubir Sebut Anies Pemimpin Pemersatu Umat Sesuai Kriteria Menag YaqutMenteri Agama Yaqut Cholil Qaumas tiba di Arab Saudi (IDN Times/Sunariyah)

Sebelumnya, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengimbau masyarakat agar tidak memilih pemimpin yang memecah belah umat.

"Harus dicek betul. Pernah gak calon pemimpin kita, calon presiden kita ini memecah-belah umat. Kalau pernah, jangan dipilih," ujar Menag Yaqut.

Ia juga meminta masyarakat tidak memilih calon pemimpin yang menggunakan agama sebagai alat politik untuk memperoleh kekuasaan.

"Agama seharusnya dapat melindungi kepentingan seluruh umat, masyarakat. Umat Islam diajarkan agar menebarkan Islam sebagai rahmat, rahmatan lil 'alamin, rahmat untuk semesta alam. Bukan rahmatan lil islami, tok," kata dia.

Selain itu, Gus Yaqut juga menyampaikan pentingnya penelusuran rekam jejak saat menentukan calon pemimpin bangsa.

Hal ini bertujuan agar bangsa Indonesia memperoleh pemimpin yang amanah dan dapat mengemban tanggung jawab kemajuan negeri ini.

"Saya berpesan kepada seluruh ikhwan dan akhwat ini agar nanti ketika memilih para pemimpin, memilih calon pemimpin kita, calon presiden dan wakil presiden, kita, lihat betul rekam jejaknya," kata dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Itjen Kemenag Masih Temukan Praktik Pungli di KUA, Menag Geram

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya