Jokowi Pakai Baju Adat Betawi di Sidang Tahunan MPR 2024

Iriana terlihat memakai kebaya

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, pada Jumat (16/08/2024) pagi.

Pantauan IDN Times di Kompleks DPR RI, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba sekitar pukul 08.55 WIB. Kepala Negara tampak mengenakan pakaian adat Betawi dan Ibu Negara mengenakan kebaya berwarna gading.

Sidang tahunan MPR RI hari ini akan menjadi momen terakhir bagi Jokowi. Presiden yang telah menjabat dua periode itu akan mengakhiri masa jabatannya pada 20 Oktober 2024.

Jokowi dijadwalkan menyampaikan pidato kenegaraan pada pukul 10.18 WIB. Sementara siang harinya, Jokowi akan menyampaikan keterangan pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2025 serta nota keuangannya pada pukul 13.50 WIB.

Jokowi memang kerap mengenakan pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia saat menyampaikan pidato kenegaraan di DPR RI. Pada tahun ini, Jokowi memilih pakaian adat Betawi.

Pada 2023, Kepala Negara mengenakan pakaian Adat Tanimbar dari Maluku. Sedangkan pada 2022, Jokowi memakai baju adat Paksian dari Bangka Belitung.

Penampilan Jokowi juga sempat menjadi sorotan saat memakai pakaian adat Suku Baduy pada sidang tahunan MPR 2021. Sementara pada 2020, Kepala Negara mengenakan pakaian adat Suku Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Inskandar mengungkapkan, sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPD akan dihadiri sejumlah pejabat negara, mantan presiden, dan wakil presiden.

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 RI Try Sutrisno, Wapres ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, hingga Wapres ke-11 RI Budiono akan hadir dalam sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPD hari ini. Namun, Indra mengatakan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan tidak hadir.

"Mantan presiden itu yang hadir itu Megawati, hadir, kemudian bapak Try Sutrisno, Bapak Jusuf Kalla, Pak Budiono, pak SBY nggak hadir," kata Indra.

Baca Juga: Ada Acara Syukuran di Pacitan, SBY Tak Hadir Sidang Tahunan MPR

Baca Juga: Pakai Jas Hitam, Prabowo Hadiri Sidang Tahunan MPR RI

Baca Juga: Tiba di Sidang Tahunan MPR, Sri Mulyani Kenakan Kebaya Putih

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya