Hilal Ridwan Kamil di Jakarta Terlihat, Kaesang Safari Politik Lagi

Kaesang sowan ke Cak Imin

Intinya Sih...

  • Kaesang Pangarep sowan ke Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk ajak kerja sama koalisi di Pilkada Serentak 2024.
  • PKB-PSI sepakat menjajaki kerja sama di Pilkada 2024 baik di tingkat satu atau dua di beberapa daerah di Indonesia.

 

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PSI, Kaesang Pangarep sowan ke Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam rangka mengajak kerja sama koalisi di Pilkada Serentak 2024 November mendatang. 

Cak Imin dan Kaesang menggelar rapat secara tertutup bersama pejabat teras masing-masing perwakilan kedua partai di ruang pertemuan PKB. 

Dalam pertemuan yang tak berlangsung lama itu, PKB-PSI sepakat mulai menjajaki kerja sama di Pilkada 2024 baik di tingkat satu atau dua di beberapa daerah di Indonesia. Kaesang bahkan berharap, PKB dan PSI dapat berkoalisi di Pilkada DKI Jakarta-Jawa Tengah. 

“Saya berharap PSI bisa berkolaborasi lagi nanti di Jateng maupun di DKI,” kata Kaesang, di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024).

Tak hanya di Jakarta dan Jawa Tengah, Kaesang juga ingin kerja sama dengan PKB bisa berlanjut di sejumlah daerah tingkat dua seperti Blora, Cilacap, dan Lamongan.

"Saya berharap seperti yang dikatakan oleh Gus Ketum, kita bisa kerja sama terkhusus di beberapa pilkada seperti di Blora ada di Cilacap, dan Lamongan," kata dia.

Baca Juga: PBNU Tantang PKB Laporkan Gus Yahya ke Polri

1. Kaesang mulai safari politik lagi usai Ridwan Kamil diusung KIM Plus

Hilal Ridwan Kamil di Jakarta Terlihat, Kaesang Safari Politik LagiKaesang Pangarep Temui Cak Imin di Markas PKB pada Selasa (6/8/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Kaesang mulai melakukan safari politik lagi setelah Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus sepakat mendukung Waketum Partai Golkar Ridwan Kamil maju di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

Sebelum sowan ke Markas PKB di Jalan Raden Saleh, Kaesang juga sempat sowan ke PKS dan NasDem dalam rangka mengajak koalisi bersama di Pilkada 2024. PKB sendiri menjadi partai terakhir yang dikunjungi dalam silaturahmi politik oleh Kaesang di barisan Koalisi Perubahan. 

Khusus ke PKB, Kaesang dan jajaran pejabat teras PKB bahkan menyesuaikan diri dan kompak mengenakan sarung dan peci dengan setelan kemeja berwarna putih. Sementara itu, Anggota Dewan Pembina PSI, Isyana Bagoes Oka juga tampak mengenakan kerudung berwarna merah yang dipadukan kemeja putih. 

Suasana kebatinan antara pimpinan kedua partai di Markas PKB sangat hangat. Kaesang dan Cak Imin bahkan saling guyon saat menyampaikan keterangan resmi di hadapan awak media. Kaesang bahkan berseloroh menyebut PSI sebagai Partai Santri Indonesia. 

"Hari ini kami dari Partai Santri Indonesia, kami hari ini sarungan semua, telah diterima di DPP PKB. Saya berharap seperti yang dikatakan Gus Ketum kita bisa kerja sama terkhusus di pilkada," kata dia.

Baca Juga: Kaesang Ingin PKB-PSI Berkoalisi di Pilkada Jateng-DKI Jakarta 2024

2. Elektabilitas Kaesang jeblok di Jakarta

Hilal Ridwan Kamil di Jakarta Terlihat, Kaesang Safari Politik LagiKaesang Pangarep Temui Cak Imin di Markas PKB pada Selasa (6/8/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Kaesang sendiri memang masuk radar sebagai salah satu kandidat calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Belakangan Kaesang juga dihembuskan akan mendampingi Ridwan Kamil. 

Meski begitu, tingkat keterpilihan Kaesang di Jakarta dalam beberapa jajak pendapat masih jeblok. Litbang Kompas misalnya, mereka merekam elektabilitas Kaesang terpuruk jauh dari Anies Baswedan. 

Dalam survei yang digelar pada 15 sampai 20 Juni itu, Kaesang cuma berhasil mengoleksi elektabilitas 1 persen.

Berikut hasil survei elektabilitas Litbang Kompas di Pilkada DKI Jakarta:

- Anies Baswedan: 29,8 persen

- Basuki Tjahaja Purnama: 20 persen

- Ridwan Kamil: 8,5 persen

- Erick Thohir: 2,3 persen

- Sri Mulyani: 1,3 persen

- Tri Rismaharini: 1 persen

- Heru Budi Hartono: 1 persen

- Kaesang Pangarep: 1 persen

- Andika Perkasa: 1 persen

- Lainnya: 4,3 persen

- Tidak tahu/tidak jawab: 30 persen.

Meski begitu, Kaesang telah menyatakan siap melawan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024. Tak hanya itu, ia juga siap melawan Ridwan Kamil. 

Kaesang sendiri mengaku masih akan istikharah terlebih dulu untuk maju di Jakarta. Kendati demikian, kalau ada dorongan dari masyarakat, ia siap maju.

"Tapi ketika ada permintaan dari masyarakat, terkhusus DKI, saya siap. Siap melawan Pak Anies Baswedan, saya pun siap melawan Ridwan Kamil," kata dia.

Baca Juga: Cak Imin: Pilkada Semua Sama, Tak Ada KIM, Jong Un dan Kimchi

3. KIM Plus dipastikan usung Ridwan Kamil di Jakarta

Hilal Ridwan Kamil di Jakarta Terlihat, Kaesang Safari Politik LagiMantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menghadiri sebuah diskusi di Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan, KIM Plus dipastikan akan mengusung Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

Dia mengatakan, sejumlah partai politik di dalam koalisi sudah sepakat mendukung eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Ya, Insyaallah di KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta," kata Dasco.

Baca Juga: Kaesang Ngaku Berani Lawan Anies dan Ridwan Kamil di Pilkada DKI 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya