Golkar Kukuh Usung Ridwan Kamil di Jabar, Masih Diinginkan Warga

Approval rating RK di Jabar tinggi

Intinya Sih...

  • Partai Golkar kukuh merekomendasikan Ridwan Kamil maju di Pilkada Jabar 2024.
  • Approval rating RK di Jabar bisa mencapai 90 persen menurut survei.
  • Ridwan Kamil lebih strategis maju di Jabar daripada Jakarta menurut Golkar.

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar kukuh merekomendasikan Ridwan Kamil maju di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024. Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengakui, approval rating Ridwan Kamil bisa mencapai 90 persen di Jabar.

"Artinya bahwa masyarakat Jawa Barat masih sangat menginginkan RK menjadi Gubernur Jawa Barat," kata Doli saat dihubungi, di Jakarta, Senin (22/7/2024).

Doli mengatakan, Golkar tak mau mengabaikan hasil survei Ridwan Kamil di Jawa Barat. Dia menegaskan, Golkar akan mendukung seseorang supaya lebih bermakna di daerah tersebut.

"Kita kan nggak bisa mengabaikan itu, artinya kan kami mendukung seseorang dengan kita melihat orang itu supaya orang-orang itu punya makna di daerah itu kan," lanjutnya. 

Baca Juga: Gerindra Tetap Dukung Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024

1. Golkar akui Jakarta belum terlihat rimbanya bagi Ridwan Kamil

Golkar Kukuh Usung Ridwan Kamil di Jabar, Masih Diinginkan WargaKetua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia (IDN Times/Istimewa)

Doli mengakui peluang Ridwan Kamil menang di Jakarta masih belum terlihat. Bila mengacu terhadap hasil jajak pendapat Litbang Kompas, elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta masih berada di urutan ketiga setelah Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. 

"Jakarta itu kan kita belum tahu rimbanya kayak gimana. Ya sekarang, satu, siapa yang maju, belum tahu," kata dia.

Oleh karena itu, Doli menilai, secara strategis, Jawa Barat lebih menguntungkan buat Ridwan Kamil.

"Terus kemudian kalau strategis, ya tentu buat kami lebih strategis Jawa Barat dibandingkan dengan Jakarta," kata dia.

Baca Juga: PDIP Serahkan Nama untuk Pilkada Jabar ke DPP, Ridwan Kamil?

2. Langkah politik Ridwan Kamil di Jakarta tak terkait Anies

Golkar Kukuh Usung Ridwan Kamil di Jabar, Masih Diinginkan WargaMantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di acara Indonesia Millennial dan Gen Z Summit. (Dokumentasi IDN Times)

Doli mengatakan, Golkar mempertimbangkan dua hal untuk mengambil keputusan di Pilkada 2024. Pertama, pertimbangan ilmiah berdasarkan hasil survei. Kedua, pengambilan keputusan di jajaran Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

Oleh karena itu, jika mengacu pada pertimbangan pertama ini, maka Ridwan Kamil masih lebih masuk akal maju di Pilgub Jawa Barat. 

"Kalau yang pertama dari hasil survei, kami menilai bahwa RK lebih bagus kita tempatkan di Jawa Barat," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Saingi Anies dan Ahok di DKI, Airlangga: Kita Dongkrak!

3. Golkar tugaskan Jusuf Hamka di Pilkada Jakarta

Golkar Kukuh Usung Ridwan Kamil di Jabar, Masih Diinginkan WargaPengusaha dan bos jalan tol, Jusuf Hamka. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sebelumnya, Partai Golkar telah memberikan rekomendasi bagi Jusuf Hamka untuk maju pada Pilkada 2024. 

Sekjen Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan tugas yang diberikan kepada Jusuf Hamka adalah untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

"Jakarta telah memberikan surat instruksi nah surat instruksi kepada Pak Jusuf Hamka. Nah tugas yang diberikan kepada beliau adalah sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur," kata Lodewijk.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya