Golkar Belum Putuskan Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta

Golkar masih kaji dukungan Gerindra

Intinya Sih...

  • Golkar masih kaji dukungan Gerindra terhadap Ridwan Kamil untuk maju pada Pilkada Jakarta November 2024.
  • Golkar memberikan dua tugas kepada Ridwan Kamil, yaitu untuk Pilkada Jabar dan survei internal mengenai peluang kemenangan di Jakarta.

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily menyampaikan, partainya sampai hari ini belum memutuskan untuk mengusung Ridwan Kamil alias Kang Emil maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 pada November mendatang.

Ace menegaskan, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto akan mengkaji rekomendasi yang diberikan oleh Gerindra untuk Ridwan Kamil.

"Kita menunggu keputusan partai, dan tentu atas berbagai pertimbangan pasti ketua umum kami dan tim pilkada DPP Partai Golkar akan memikirkan atau mengkajinya secara mendalam terkait dengan rekomendasi tersebut," kata Ace di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Baca Juga: Gerindra Rekomendasikan Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta

1. Ridwan Kamil masih ditugaskan di Pilgub Jabar dan Jakarta

Golkar Belum Putuskan Ridwan Kamil Maju Pilkada JakartaWakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Ridwan Kamil (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut Ace mengatakan, sampai hari ini Golkar masih memberikan dua tugas untuk Ridwan Kamil, yaitu untuk Pilkada Jabar dan Jakarta. 

Golkar, kata dia, juga masih akan melakukan survei di tingkat internal untuk mengkaji peluang kemenangan Ridwan Kamil di dua wilayah ini. 

"Kita lihat hasil survei dan tentu ketum kami beserta dengan tim pemenangan pemilu dalam penentuan cakada ini akan mempertimbangkan banyak hal," kata dia.

Untuk Pilkada Jakarta, Ace menegaskan, saat ini nama yang ditugaskan masih ada dua orang, yaitu Ketua DPD Partai Golkar Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar dan Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Sejauh ini kan nama yang udah ada di survei internal untuk di DKI kan selain Ridwan Kamil ada Pak Zaki (Ahmed Zaki Iskandar). Sejauh ini, Jabar hanya pak RK (Ridwan Kamil)," ujar dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tegaskan Pasti Maju Pilkada, Tinggal Tentukan Pendamping

2. Gerindra rekomendasikan Ridwan Kamil maju Pilkada Jakarta

Golkar Belum Putuskan Ridwan Kamil Maju Pilkada JakartaKetua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, partainya sudah memberikan rekomendasi terhadap Ridwan Kamil untuk maju pada Pilkada Jakarta November 2024.

"Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Dasco memastikan, Ridwan Kamil nantinya akan direkomendasikan oleh Partai Gerindra dan Golkar untuk maju pada Pilkada Jakarta. Pernyataan ini menegaskan terkait posisi Golkar yang saat ini belum menugaskan Ridwan Kamil maju di Jakarta. 

Golkar sejauh ini masih memberikan dua tugas kepada Ridwan Kamil terkait Pilkada 2024, yaitu melanjutkan di Pilgub Jabar dan/atau maju di Jakarta.

"Saya rasa bukan, bukan berbeda tetapi pasti akan sama, bahwa Ridwan Kamil akan direkomendasikan maju di DKI Jakarta," kata dia.

Ia pun menambahkan, Ridwan Kamil bisa saja akan dipasangkan dengan kader Gerindra untuk maju pada Pilkada Jakarta pada November mendatang.

"Kira-kira begitu lah, gitu," ujar dia.

3. KIM mulai godok Ridwan Kamil maju Pilgub Jakarta

Golkar Belum Putuskan Ridwan Kamil Maju Pilkada JakartaGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Tata Firza)

Wasekjen DPP Partai Demokrat, Renanda Bachtar juga sempat menyampaikan bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah menggodok nama-nama Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta. 

“Salah satunya, ya dibahas juga (Ridwan Kamil) karena kan berharap kita KIM bagus kan kalau seluruh anggota KIM ini hanya satu, sama-sama calonnya, daripada kita punya beberapa calon dari kita,” kata Renanda.

Meski begitu, Renanda mengatakan, pembahasan bakal calon gubernur Jakarta ini masih terus berkembang, melihat berbagai dinamika politik yang terjadi.

Dia mengatakan, belakangan sempat juga mencuat nama Waketum DPP Partai Gerindra Budi Djiwandono sebagai salah satu kandidat bakal calon gubernur Jakarta. Namun, dia mengatakan, Budi sudah memutuskan tidak maju Pilgub Jakarta.

“Masih berkembang terus. Kemarin kan mas Budi Djiwandono nih, yang ternyata dengar beritanya hari ini gak jadi maju,” kata Renanda.

Lebih lanjut Renanda mengatakan, keputusan apakah KIM akan mengusung Ridwan Kamil pada Pilkada Jakarta tidak terpengaruh dengan langkah politik Anies Baswedan.

KIM, kata Renanda, bahkan sudah mengasumsikan Anies tetap akan maju pada Pilkada Jakarta karena asumsi itu masih rasional.

“Anies mau maju atau gak kita gak terpengaruh, tidak ada kaitannya dengan Anies. Anggap saja asumsi kita Anies maju,” kata dia.

“Terus kalau dia gak mau maju di DKI mau ngapain untuk bisa bertahan di panggung politik, mau jadi apa? Asumsi kita maju dia. Terserah dapat koalisinya,” lanjut Renanda.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya