Golkar: Anggaran Pendidikan Rp741 T Cukup Biayai Makan Bergizi Gratis

Program bergizi gratis merupakan unggulan pemerintahan baru

Intinya Sih...

  • Anggaran pendidikan mencukupi untuk program makan siang gratis bagi anak sekolah
  • Fraksi Golkar mendukung visi dan misi serta program unggulan presiden dan wakil presiden terpilih dalam KEM PPKF

Jakarta IDN Times - Fraksi Partai Golkar DPR RI menilai bahwa anggaran pendidikan sebesar Rp708,2 triliun hingga Rp741,7 triliun dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) mencukupi untuk membiayai program makan bergizi gratis.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar Dewi Asmara saat menyampaikan pandangan fraksi terhadap KEM PPKF dalam Rapat Paripurna ke-18 di DPR RI. 

"Anggaran pendidikan Rp708,2 triliun hingga Rp741,7 triliun terbilang mencukupi untuk program peningkatan gizi anak sekolah," kata Dewi Asmara, dikutip Rabu (29/5/2024).

Baca Juga: Ini Alasan Program Maksi Gratis Diganti Jadi Makan Bergizi Gratis

1. Golkar dukung program makan bergizi gratis masuk RAPBN 2025

Golkar: Anggaran Pendidikan Rp741 T Cukup Biayai Makan Bergizi GratisIlustrasi makan siang yang dinikmati SMPN 2 Curug, Tangerang ketika simulasi makan siang gratis. (Dokumentasi Istimewa)

Dalam masa transisi menuju periode pemerintan baru, Dewi menilai APBN merupakan kunci dari keberlanjutan dan kesinambungan pembangunan.

Fraksi Golkar mengapresiasi dimasukkannya visi dan misi serta program unggulan dari presiden dan wakil presiden terpilih dalam KEM PPKF pada RABN Tahun 2025.

Menurut dia, hal ini penting dilakukan agar pemerintah yang akan datang bisa langsung melaksanakan programnya dengan dukungan anggaran yang mencukupi. Adapun salah satu program unggulan presiden dan wakil presiden terpilih ke depan, salah satunya adalah program makan bergizi gratis untuk anak-anak di Nusantara.

"Kami mendukung penuh dimulainya program ini di tahun ini sebagai langkah dan upaya nyata untuk menekan angka kemiskinan dan prevalensi stunting dan diharapkan dapat menjadi motor penggerak perekonomian serta memberikan multiplier effect signifikan terutama untuk pengusaha kecil, dan mikro," tutur dia.

Baca Juga: Nama Program Makan Siang Gratis Diganti, Prabowo: Makan Bergizi Gratis

2. Golkar setuju anggaran infrastruktur ditetapkan hingga Rp433 triliun di RAPBN 2025

Golkar: Anggaran Pendidikan Rp741 T Cukup Biayai Makan Bergizi GratisIlustrasi bahu jalan tol (seva.id)

Dewi mengatakan, secara umum Fraksi Partai Golkar mendukung rancangan postur RAPBN 2025 yang bertema akselerasi pertumbuhan yang insklusif dan berkelanjutan.

Tak hanya itu, Golkar juga setuju terhadap anggaran infrastruktur yang diusulkan pada kisaran Rp404,2 triliun hingga Rp433 triliun.

"Besaran ini menggambarkan kesinambungan dan keberlanjutna program strategis nasional (PSN), termasuk pembangunan IKN Nusantara," kata dia.

3. Golkar juga setuju postur perlinsos hingga Rp513 triliun

Golkar: Anggaran Pendidikan Rp741 T Cukup Biayai Makan Bergizi GratisPendamping PKH di Belitung puji kelancaran penyaluran bansos oleh Pos Indonesia. (Dok. Pos Indonesia)

Lebih lanjut Dewi mengatakan, Fraksi Partai Golkar juga setuju terhadap Anggaran Perlindungan Sosial (Perlinsos) sebesar Rp496,9 triliun hingga Rp513 triliun.

"Serta anggaran perlinsos sebesar Rp496,9 triliun hingga Rp513 triliun juga menggambarkan keberlanjutan komtimen pemerintah terhadap masyarakat lapisan menengah ke bawah," ujar dia.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya