Gerindra Tugaskan Andra Soni Maju Pilgub Banten, Saingi Airin?

Dasco minta kader menangkan kepala daerah dari Gerindra

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra telah menugaskan kadernya, Andra Soni untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Banten 2024. Gerindra merekomendasikan Ketua DPD Gerindra Provinsi Banten itu untuk maju sebagai  Calon Gubernur Banten pada Pilkada 2024.

“Saya tegaskan instruksikan bahwa Calon Gubernur Banten yaitu Andra Soni,” ujar Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangan resmi dikutip, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga: Gerindra-Golkar Jawab Isu Koalisi 4+1, Anggap Jokowi Bagian KIM

1. Dasco instruksikan kader solid menangkan calon kepala daerah dari Gerindra

Gerindra Tugaskan Andra Soni Maju Pilgub Banten, Saingi Airin?Partai Gerindra usung Marshel Widianto di Pilwalkot Tangerang Selatan. (dok. Gerindra)

Wakil Ketua DPR RI itu meminta seluruh kader Gerindra untuk tetap solid memenangkan calon kepala daerah yang diusung oleh Gerindra pada Pilkada 2024 mendatang.

Dasco mengatakan, kader-kader Gerindra harus mendukung penuh program kerja yang akan dijalankan oleh ketua umumnya, Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih.

“Kita harus solid berjuang memenangkan calon (kepala daerah) yang akan diusung oleh Partai Gerindra se-Provinsi Banten agar program-program Prabowo-Gibran dapat dijalankan dengan baik sesuai dengan arahan,” kata dia.

Baca Juga: Dasco Gerindra: Yang Mau Maju Pilkada Jakarta Kan Ridwan Kamil

2. Gerindra berterima kasih ke kadernya karena mau kerja keras menangkan Prabowo

Gerindra Tugaskan Andra Soni Maju Pilgub Banten, Saingi Airin?Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menjadi pembicara di acara IISS Shangri-La Dialogue ke-21 2024 di Singapura (IDN Times/Istimewa)

Pada kesempatan itu, Dasco juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader Gerindra se-Tangerang Raya yang telah berjuang memenangkan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 lalu setelah menunggu 16 tahun lamanya.

“Saya menyampaikan ucapan salam dan terima kasih dari Pak Prabowo, atas perjuangan kader Gerindra khususnya di Tangerang Raya dalam Pemilu 2024 yang lalu,” kata dia.

“Alhamdulillah perjuangan kita selama 16 tahun tercapai dengan baik dan Lancar, kedepan kita harus mengawal program Prabowo-Gibran agar terealisasikan nantinya demi kepentingan seluruh rakyat Indonesia,” lanjutnya.

Baca Juga: Halim-Joko Cerai, Gerindra-PKB Jalin Komunikasi Intensif

3. Airin mau bentuk koalisi besar di Pilgub Banten

Gerindra Tugaskan Andra Soni Maju Pilgub Banten, Saingi Airin?Mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany resmi daftar ke PKB untuk Pilkada Banten 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany resmi mendaftar ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju pada Pilkada Banten 2024. Selain mendapatkan restu dari Golkar, Airin juga mendaftar ke PKB, PAN, NasDem, dan PDIP. 

"Kemarin ada pendaftaran dari PAN dan juga dari NasDem, kemarin sudah ada mengambil formulir, insyaallah dalam waktu dekat mengembalikan formulir barengan dengan PDIP," kata Airin

Meski begitu, Airin menyampaikan, Golkar sebetulnya merupakan partai yang cukup kuat di Banten. Terlebih pada Pileg DPRD Provinsi Banten 2024, Golkar memperoleh sebanyak 14 kursi. 

Sementara, syarat untuk maju Pilkada Banten 2024 harus mencapai 20 kursi. Oleh sebab itu, dia masih melakukan proses penjajakan dengan sejumlah partai politik untuk mendapatkan tiket dukungan terhadap dirinya.

Meski begitu, ia tak menampik bahwa dirinya berkeinginan untuk membentuk koalisi besar untuk menatap Pilkada Banten 2024 nanti.

"Bukan besar kecilnya, tapi kebersamaan," ujar dia.

Baca Juga: Gerindra Dukung Kaesang Maju Pilkada DKI Bila Ridwan Kamil Batal

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya