Gerindra Rekomendasikan Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta

KIM mulai godok nama-nama Ridwan Kamil

Intinya Sih...

  • Gerindra dan Golkar merekomendasikan Ridwan Kamil maju di Pilkada DKI Jakarta.
  • Koalisi Indonesia Maju (KIM) juga menggodok nama Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta.
  • Partai Demokrat masih belum memberikan rekomendasi terhadap Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta.

Jakarta, IDN Times - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menegaskan, partainya sudah memberikan rekomendasi terhadap Ridwan Kamil untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

"Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Dasco memastikan, Ridwan Kamil nantinya akan direkomendasikan oleh Partai Gerindra dan Golkar untuk maju pada Pilkada Jakarta. Pernyataan ini menegaskan terkait posisi Golkar yang saat ini belum menugaskan Ridwan Kamil maju di Jakarta. 

Golkar sejauh ini masih memberikan dua tugas kepada Ridwan Kamil terkait Pilkada 2024, yaitu melanjutkan di Pilgub Jabar dan/atau maju di Jakarta.

"Saya rasa bukan, bukan berbeda tetapi pasti akan sama bahwa Ridwan Kamil akan direkomendasikan maju di DKI Jakarta," kata dia.

Ia menambahkan, Ridwan Kamil bisa saja akan dipasangkan dengan kader Gerindra untuk maju pada Pilkada Jakarta November mendatang.

Baca Juga: Unggah Momen Bertemu Prabowo, Ridwan Kamil Bantah Bahas Pilgub! 

1. Demokrat ungkap KIM mulai godok Ridwan Kamil maju Pilgub Jakarta

Gerindra Rekomendasikan Ridwan Kamil Maju Pilkada JakartaGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Wasekjen DPP Partai Demokrat, Renanda Bachtar, menyampaikan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah menggodok nama Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta. 

“Salah satunya, dibahas juga (Ridwan Kamil). Karena kan berharap kita KIM bagus kan kalau seluruh anggota KIM ini hanya satu, sama-sama calonnya, daripada kita punya beberapa calon dari kita,” kata Renanda.

Meski begitu, kata Renanda, pembahasan bakal calon gubernur Jakarta ini masih terus berkembang melihat berbagai dinamika politik yang terjadi.

Dia mengatakan, belakangan sempat juga mencuat nama Waketum DPP Partai Gerindra, Budi Djiwandono sebagai salah satu kandidat bakal calon gubernur Jakarta. Namun, kata dia, Budi sudah memutuskan tidak maju Pilgub Jakarta.

“Masih berkembang terus. Kemarin kan mas Budi Djiwandono nih yang ternyata dengar beritanya hari ini gak jadi maju,” kata Renanda.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tegaskan Pasti Maju Pilkada, Tinggal Tentukan Pendamping

2. Pencalonan Ridwan Kamil di Jakarta tak terpengaruh dengan Anies

Gerindra Rekomendasikan Ridwan Kamil Maju Pilkada JakartaPemberian penghargaan oleh Kemenpora kepada Pemerintah Daerah yang telah berhasil menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) layanan kepemudaan. (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, kata Renanda, keputusan apakah KIM akan mengusung Ridwan Kamil pada Pilkada Jakarta tidak terpengaruh dengan langkah politik Anies Baswedan.

KIM, kata Renanda, bahkan sudah mengasumsikan Anies tetap akan maju pada Pilkada Jakarta karena masih rasional.

“Anies mau maju atau gak kita gak terpengaruh, tidak ada kaitannya dengan Anies. Anggap saja asumsi kita Anies maju,” kata dia.

“Terus kalau dia gak mau maju di DKI mau ngapain untuk bisa bertahan di panggung politik, mau jadi apa? Asumsi kita, maju dia. Terserah dapat koalisinya,” lanjut Renanda.

Baca Juga: Isu Budi-Kaesang Maju Pilgub DKI, Ridwan Kamil: Selalu Ada Plot Twist

3. Demokrat belum berikan rekomendasi pada Ridwan Kamil

Gerindra Rekomendasikan Ridwan Kamil Maju Pilkada JakartaWakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Ridwan Kamil (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Renanda mengatakan, Demokrat sampai hari ini belum memberikan rekomendasi terhadap Ridwan Kamil untuk maju Pilkada Jakarta.

Menurut dia, saat ini komunikasi Demokrat dan KIM masih intens untuk menggodok bakal calon gubernur Jakarta. Namun, kata dia, tak menutup kemungkinan Demokrat masih melihat dinamika politik yang ada, melihat siapa yang akhirnya maju pilkada nanti.

“Kita belum ada kesepakatan yang fix dengan teman-teman di KIM. Ini lagi intens (komunikasi) nih. Kalau dari Demokrat menunggu dulu siapa yang tampil lalu kita berkomunikasi dan setelah itu keluar surat rekomendasi,” kata Renanda.

Baca Juga: Demokrat Ungkap KIM Mulai Godok Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya