Ganjar Akui Punya Tanggung Jawab Menangkan Andika di Pilgub Jateng

Andika pernah bantu Ganjar di Pilpres 2024

Intinya Sih...

  • Ganjar Pranowo menegaskan tim pemenangan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi di Pilkada Jawa Tengah 2024.
  • Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menugaskan Andika Perkasa untuk maju menjadi bakal calon Gubernur Jawa Tengah.
  • Andika Perkasa merapat ke kubu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada Pilpres 2024.

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan, tim pemenangan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi di Pilkada Jawa Tengah 2024. Hal tersebut disampaikan Ganjar saat ditemui seusai menghadiri acara silaturahmi kebangsaan MPR RI bersama keluarga Ir Sukarno di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (9/9/2024).

"Oh (tim pemenangan) pak Andika sedang berjalan," kata Ganjar.

Ketua DPP PDIP itu juga mengaku memiliki tanggungjawab moral untuk memenangkan pasangan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi di Pilkada Jawa Tengah 2024. 

Kendati demikian, Ganjar Pranowo tak menjawab apakah akan masuk dalam struktur tim pemenangan secara langsung. Ia mengaku, ikut mengurusi pemenangan calon kepala daerah yang akan diusung PDIP di seluruh Indonesia.

"Kalau saya karena hampir seluruh Indonesia jadi kalau Jateng itu tanggungjawab moral,"

ujar dia.

Baca Juga: Ganjar: PDIP Minta Maaf Jokowi Berbeda di Ujung Masa Jabatan

1. PDIP resmi tugaskan Andika Perkasa di Pilkada Jateng

Ganjar Akui Punya Tanggung Jawab Menangkan Andika di Pilgub JatengBakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi menugaskan mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa untuk maju menjadi bakal calon Gubernur Jawa Tengah. Selain itu, PDIP mengusung Airin Rachmi Diany untuk bertarung di Pilkada Banten.

Surat rekomendasi dukungan itu dibacakan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto. Nama Andika diumumkan dalam gelombang ketiga.

"Tingkat provinsi (yang diumumkan) sebanyak enam provinsi," ujar Hasto.

Pada gelombang ke-3, PDIP juga memberikan surat dukungan untuk 38 bakal calon bupati-calon wakil bupati dan 16 bakal calon wali kota-calon wakil wali kota.

2. Andika pernah jadi timses Ganjar

Ganjar Akui Punya Tanggung Jawab Menangkan Andika di Pilgub JatengBakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Diketahui, pada Pilpres 2024, Andika Perkasa merapat ke kubu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Saat itu, Andika, mengaku siap menerima dengan tangan terbuka apapun tugas yang nantinya diberikan di tim pemenangan Ganjar Pranowo.

"Saya itu benar-benar melaksanakan tugas saja. Apapun tugas yang diberikan, mau A, B, C atau apapun juga saya siap. Jadi, benar-benar gak ada keinginan (mengincar posisi) apapun. Justru terbalik, saya siap mengerjakan tugas apapun yang diberikan kepada saya," ungkap Andika. 

Baca Juga: Ganjar Ditanya PDIP Berpeluang Usung Anies: Kader Jadi Prioritas!

3. Andika merasa lebih cocok merapat ke Ganjar

Ganjar Akui Punya Tanggung Jawab Menangkan Andika di Pilgub JatengJenderal (Purn) Andika Perkasa (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kala itu, Andika juga merasa lebih cocok untuk merapat ke kubu Ganjar-Mahfud. Kendati demikian, ia saat itu berpandangan bahwa ketiga capres yang ada yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies, sama-sama memiliki kualitas yang baik. Namun, Andika memiliki pilihan pribadi.

"Pak Prabowo pasti punya kelebihan, pengalaman. Begitu juga dengan Pak Anies, Beliau juga memiliki kelebihan dan pengalaman. Pak Ganjar juga begitu," ujar Andika.

Baca Juga: Tak Lagi Sejalan, Ganjar Dorong PDIP Pecat Jokowi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya