Dugaan Korupsi Pemkota Bima, KPK Sita Dokumen di 4 Lokasi Berbeda

Penyidik telah selesai lakukan penggeladahan lanjutan

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan lanjutan di empat lokasi yang berbeda untuk mendalami dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di lingkungan Pemerintah Kota Bima.

Juru Bicara KPK Ali Fikri menyampaikan penyidik telah melakukan penggeledahan di salah satu kantor pihak swasta yang berada di Jalan Karantina, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kemudian, dua rumah pihak-pihak terkait yang ada di Jalan Gajah Mada dan Jalan Muhajir Kota Bima Nusa Tenggara Barat. Tim Penyidik juga melakukan penggeledahan di salah satu rumah yang berada di Perumahan BTN Gilipanda.

“Tim Penyidik, (31/8) telah selesai melaksanakan penggeledahan lanjutan di wilayah Bima, NTB,” kata Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (1/9/2023).

Ali mengungkapkan, dari penggeledahan ini penyidik telah menyita sejumlah dokumen dan alat elektronik yang diduga dapat menerangkan adanya perbuatan pidana korupsi. Selanjutnya, penyidik akan melakukan analisis dan pendalaman untuk melengkapi berkas perkara kasus ini.

1. KPK juga telah menggeledah Kantor-Rumah Wali Kota Bima

Dugaan Korupsi Pemkota Bima, KPK Sita Dokumen di 4 Lokasi BerbedaWali Kota Bima, H Muhammad Lutfi (IDN Times/Juliadin)

Sebelumnya, KPK telah menggeledah tujuh tempat di Kota Bima, NTB beberapa waktu lalu. Dari penggeledahan tersebut, KPK menyita sejumlah bukti dugaan korupsi.

Lokasi yang digeledah Tim Penyidik KPK antara lain rumah Wali Kota Bima Muhammad  Lutfi, ruang kerja Wali Kota Bima, kantor BPBD, kantor Dinas PUPR, rumah tersangka, ruang kerja Setda, hingga ruang kerja unit pengadaan barang dan jasa.

"Jadi dari seluruh penggeledahan yang beberapa waktu lalu sudah dilakukan, kami ingin sampaikan hasilnya adalah terkait dengan barang bukti proses penggeledahan itu berupa dokumen pengadaan, kemudian ada catatan keuangan dan juga bukti elektronik," ujar Ali.

Baca Juga: Setelah Kantor Wali Kota, KPK Geledah Kantor BPBD Kota Bima

2. Kasus ini berawal dari laporan masyarakat yang diverifikasi

Dugaan Korupsi Pemkota Bima, KPK Sita Dokumen di 4 Lokasi BerbedaJuru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Ali menjelaskan bahwa penggeledahan ini terkait kasus baru yang tengah diusut KPK. Kasus ini berawal dari laporan masyarakat dan diverifikasi.

"Ini terkait penyidikan perkara baru yang sedang ditangani oleh KPK dari tindak lanjut laporan masyarakat kemudian kita verifikasi, kemudian ditemukan ada peristiwa pidana," ujarnya.

3. Wali Kota Bima Muhammad Lutfi jadi tersangka korupsi

Dugaan Korupsi Pemkota Bima, KPK Sita Dokumen di 4 Lokasi Berbeda(IDN Times/Irfan Fathurohman)

KPK juga tidak membantah Wali Kota Bima Muhammad Lutfi telah ditetapkan sebagai tersangka. Namun, hal ini belum diumumkan secara resmi kepada publik.

"Nanti pada saatnya pasti akan diumumkan siapa pihak yang ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan turut serta dalam pemborongan barang dan jasa, dan dugaan penerimaan gratifikasi," ujar Ali.

Baca Juga: KPK Imbau Caleg Eks Koruptor Umumkan Statusnya ke Masyarakat

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya