Duet Anies-Andika Diyakini Bisa Tumbangkan Ridwan Kamil di Pilgub DKI

Puan pertimbangkan Anies di Pilkada DKI

Intinya Sih...

  • Relawan Kami Anies berharap partai politik menduetkan Anies Baswedan dan Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa di Pilkada Jakarta 2024.
  • Sultoni meyakini duet Anies-Andika bisa mengalahkan calon kuat lainnya, yakni Ridwan Kamil jika resmi diusung untuk maju pada Pilkada Jakarta 2024.

Jakarta, IDN Times - Relawan Kami Anies berharap ada partai politik yang menduetkan Anies Baswedan dan Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 November mendatang.

Ketua Presidium Relawan Anies, Sultoni meyakini duet Anies-Andika bisa mengalahkan calon kuat lainnya, yakni Ridwan Kamil jika resmi diusung untuk maju pada Pilkada Jakarta 2024 mendatang.

“Kami ingin ada partai yang mengusung pasangan Anies-Andika. Kami yakin jika keduanya dipasang maka bisa mengalahkan calon lain, termasuk mantan gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil jika diusung sebagai calon gubernur DKI Jakarta,” kata Sultoni dalam keterangannya, dikutip Minggu (9/6/2024).

Baca Juga: Masuk Radar PDIP di Pilkada Jakarta, Anies Merasa Terhormat

1. Andika dinilai tokoh karismatik

Duet Anies-Andika Diyakini Bisa Tumbangkan Ridwan Kamil di Pilgub DKIAndika Perkasa Hormat ke Megawati Pakai Seragam PDIP di Rakernas V (youtube.com/PDIP)

Sultoni mengatakan, Andika Perkasa merupakan tokoh karismatik yang memiliki jejak rekam bagus. Oleh sebab itu, dia mengatakan, Andika sudah selayaknya diusung oleh PDIP untuk mendampingi Anies Baswedan.

“Pada saat beliau menjadi Panglima terkesan sangat profesional dan humanis sehingga membangkitkan antusiasme masyarakat. Semoga beliau diusung PDIP untuk maju Pilkada DKI," ucapnya.

Namun demikian, Sultoni mengungkapkan, siapapun sosok yang nantinya akan diusung menjadi wakil gubernur mendampingi Anies pada Pilkada Jakarta, relawan akan tetap setia mendukung pasangan tersebut.

"Kami tetap akan all out mendukung Pak Anies dan siapapun wagub yang dipilih. Termasuk, jika Kaesang disandingkan dengan Pak Anies," kata dia.

Baca Juga: PDIP-PKB Jalin Komunikasi, Buka Peluang Usung Anies di Pilgub Jakarta?

2. Anies masuk radar PDIP

Duet Anies-Andika Diyakini Bisa Tumbangkan Ridwan Kamil di Pilgub DKIKetua DPR RI Puan Maharani (tengah) saat menjawab pertanyaan awak media usai memimpin rapat paripurna. (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua DPP PDIP Puan Maharani sempat bicara mengenai Pilkada Jakarta 2024 yang akan digelar pada November 2024. Puan menilai nama Anies Baswedan masih patut untuk dipertimbangkan.

“Menarik juga pak Anies,” ujarnya.

Puan mengatakan, PDIP akan realistis untuk mengusung kader atau bukan pada Pilkada 2024 mendatang, khususnya Jakarta.

Setiap daerah, menurut Puan, memiliki karakteristiknya masing-masing. Oleh karena itu, PDIP masih akan mencermati secara seksama ketika akan mendukung kader internal partai.

“Harus realistis karena setiap daerah itu wilayahnya berbeda-beda, itu kira-kira peluangnya ada di wilayah mana,” ujar dia.

3. Anies sebut PDIP juga menarik

Duet Anies-Andika Diyakini Bisa Tumbangkan Ridwan Kamil di Pilgub DKICapres nomor urut satu, Anies Baswedan menanggapi ajakan Prabowo Subianto ke Surya Paloh untuk bergabung ke dalam kabinet pemerintahannya. (IDN Times/Amir Faisol).

Gayung bersambut. Anies juga menilai, PDIP juga menjadi partai yang patut untuk dipertimbangkan.

"PDIP juga menarik (dijajaki)," ujar Anies di Taman Literasi, Blok M, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2024). 

Namun, ketika ditanyakan apakah ia berminat bila dipasangkan dengan mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, Anies mengaku tak ingin terburu-buru memutuskan. Sebelum memilih pasangan, Anies ingin menetapkan lebih dulu apakah jadi berlaga di Pilkada Jakarta atau tidak.

“Kan saya harus nyimpulin dulu (jadi maju atau tidak di Pilkada Jakarta). Baru bicara soal pasangan dong," tutur dia. 

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya