DPR Sidang Paripurna Hari Ini, yang Hadir Hanya 132 dari 575 Anggota

Salah satu yang akan dibahas soal pembentukan pansus haji

Intinya Sih...

  • Rapat Paripurna ke-21 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 digelar di Gedung Nusantara II MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.
  • Hanya 132 dari 575 anggota DPR yang hadir dalam sidang, dengan agenda pembentukan pansus angket haji.
  • DPR juga akan membahas pengambilan Keputusan atas Rancangan Undang-Undang tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta rapat kerja Menteri Keuangan RI dan Gubernur Bank Indonesia dengan Badan Anggaran DPR.

Jakarta, IDN Times - DPR RI menggelar Rapat Paripurna ke-21 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (4/7/2024).

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, yang diwakili Lodewijk Freidrich Paulus.

Sedangkan Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel absen dalam sidang rapat paripurna hari ini.

Baca Juga: Bamsoet Tampung Usulan PKS soal Semua Fraksi Dapat Jatah Pimpinan DPR

1. Sidang paripurna hanya diikuti 132 orang dari 575 anggota DPR

DPR Sidang Paripurna Hari Ini, yang Hadir Hanya 132 dari 575 AnggotaRapat paripurna di DPR, Kamis (4/7/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Berdasarkan catatan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI, sidang hari ini hanya diikuti oleh 132 orang dari total anggota DPR 575 orang. Sedangkan 161 orang izin dan sisanya 282 orang tidak hadir tanpa keterangan.

"Catatan Setjen DPR RI catatan awal permulaan awal sidang ini diikuti, telah hadir 132 orang anggota, izin 161 orang anggota dengan jumlah 293 anggota," kata Cak Imin.

2. Agenda sidang paripurna salah satunya pembentukan pansus angket haji

DPR Sidang Paripurna Hari Ini, yang Hadir Hanya 132 dari 575 AnggotaRapat kerja Komisi IX DPR RI dengan BPJS Ketenagakerjaan, Selasa (2/7/2024). (IDN Times/Trio Hamdani)

Adapun salah satu agenda sidang rapat paripurna hari ini adalah pembentukan panitia khusus (pansus) angket haji. Pansus haji ini akan mengurai carut-marut penyelenggaraan haji 2024 dan masalah yang muncul tiap tahun.

Dalam rapat paripurna sebelumnya, DPR RI telah setuju untuk membentuk pansus angket haji. Ketua Timwas Haji, Cak Imin, sempat mengurai sejumlah masalah pelaksanaan haji 2024.

3. DPR juga akan bahas soal RUU Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem

DPR Sidang Paripurna Hari Ini, yang Hadir Hanya 132 dari 575 AnggotaGoogle

Pada Sidang Paripurna ke-21 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 ini, DPR juga akan membahas soal pengambilan Keputusan atas Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan sejumlah rancangan undang-undang lainnya.

Juga akan ada rapat kerja Menteri Keuangan RI dan Gubernur Bank Indonesia dengan Badan Anggaran DPR. 

Di Komisi I akan digelar Rapat Dengar Pendapat soal Penanganan Pelindungan WNI di Luar Negeri dengan Pemerintah (Dirjen Protokoler dan Konsuler Kemlu, Dirjen Imigrasi Kemkumham, Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker, Kepala BP2MI), dan agenda lainnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya