DPR Segera Panggil Menag Yaqut Buntut Sengkarut Pelaksanaan Haji 2024

DPR akan mendalami sejumlah temuan terkait pelaksanaan haji

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menegaskan, akan memanggil Menteri Agama (Menang) RI Yaqut Cholil Qoumas terkait sengkarut masalah pelaksanaan haji 2024.

Ketua Tim Pengawasan (Timwas) Haji DPR RI itu mengatakan, sejumlah komisi juga akan mendalami sejumlah temuan terkait pelaksanaan haji 2024.

"Pasti, dalam waktu secepatnya, dua institusi yang akan memanggil, pertama tentu komisi VIII menyangkut seluruh aspek pelaksanaan haji," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024).

"Kedua komisi-komisi terkait misalnya VI menyangkut garuda, yang jumlah pemanfaatan bisnisnya sangat besar dari jemaah haji. Ketiga Kemenkes yang memanggil komisi IX," kata dia.

Cak Imin menyampaikan, Timwas Haji juga akan menyoroti temuan dugaan pengalihan kuota haji. Pasalnya, Cak Imin mengatakan, pengalihan kuota haji ini tidak memiliki landasan hukum yang dapat digunakan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

"Ya itu yang akan didalami. Jadi tidak ada landasan hukum yang memungkinkan kuota 10 ribu dinikmati oleh ONH plus," kata dia.

Selain itu, Cak Imin mengatakan, Timwas Haji juga menemukan kendornya pengawasan Kementerian Haji terhadap jemaah yang akan berangkat haji.

Sebab, masih banyak jemaah yang berangkat menggunakan visa haji tapi tidak melalui komputerisasi haji. Artinya, mereka menggunakan visa haji secara liar karena tidak terkoordinasi dalam sistem komputerisasi haji.

"Justru yang sudah ada datanya berangkat haji menggunakan visa haji tidak melalui sistem komputerisasi haji. Berarti menggunakan visa haji secara liar tidak terkoordinasi dalam sistem komputerisasi haji," ujarnya.

Baca Juga: Cak Imin Pimpin Rapat Evaluasi Haji di DPR, Berlangsung Tertutup

Baca Juga: 384 Jemaah Haji Tiba di Lamsel, Sisanya 22 Juli 2024

Baca Juga: Jemaah Haji Gorontalo Transit di Bandara Hasanuddin Makassar

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya