Demokrat Dorong 2 Kadernya Dampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

Demokrat masih kaji Ridwan Kamil

Jakarta, IDN Times - Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mendorong kader internal untuk menjadi cawagub Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Adapun, sejumlah nama yang diusulkan di antaranya, Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono, Wasekjen Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, Ali Suarli, dan Anggota DPRD DKI, Ali Muhammad. 

"Karena banyak juga nih kader-kader kami, kami rasa cukup pas bisa menjadi wakil gubernur Jakarta," kata Herzaky kepada wartawan, Minggu (4/8/2024).

1. Cawagub berpengaruh ke kemenangan RK

Demokrat Dorong 2 Kadernya Dampingi Ridwan Kamil di Pilkada JakartaMantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (IDN Times/Amir Faisol)

Menurut Herzaky, kemenangan Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024 itu juga dapat dipengaruhi dengan posisi cawagub yang digandeng, dan termasuk mesin-mesin parpol koalisi. 

Demokrat, kata Herzaky, akan berupaya mengusulkan kader internalnya untuk mewakili Ridwan Kamil. Menurut dia, Demokrat juga memiliki kader-kader yang layak untuk mendampingi Ridwan Kamil.

"Tentu kita berupaya mencari yang terbaik ya untuk wakil Jakarta. Seperti disampaikan oleh Ketum (ketua umum) AHY kita. Harus memberikan kans menang, integritas, dan rekam jejaknya. Sedangkan RK ini kuat sekali ya di tiga faktor ini, gitu kalau kita lihat," kata dia.

Baca Juga: Respons Anies Baswedan Soal Sinyal Ridwan Kamil Terjun di Pilgub DKI

2. Demokrat masih tunggu langkah resmi RK di Jakarta

Demokrat Dorong 2 Kadernya Dampingi Ridwan Kamil di Pilkada JakartaJuru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra. (IDN Times/Amir Faisol)

Kendati demikian, Herzaky menyampaikan, Demokrat masih menunggu terkait langkah politik Ridwan Kamil apakah resmi didorong di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

Demokrat baru akan mengkaji setelah adanya pengumuman resmi Partai Golkar, untuk mengusung Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

"Jadi teman-teman Golkar juga memutuskan untuk maju, barulah kemudian kami bisa mendalami, apakah memang kami akan mengarah atau merapat ke temen-temen Golkar gitu," ucap Herzaky.

Baca Juga: Wacana KIM Plus di Pilkada Jakarta, Anies: Saya Sih Mengalir Aja

3. Kode keras Golkar dukung Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta

Demokrat Dorong 2 Kadernya Dampingi Ridwan Kamil di Pilkada JakartaMantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menghadiri sebuah diskusi di Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Diketahui, Partai Golkar telah memberikan sinyal untuk mendorong mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, ke Jakarta pada Pilkada 2024. Sikap ini keluar setelah Partai Golkar menyatakan sikap mendukung Dedi Mulyadi di Pilgub Jawa Barat. 

Padahal, Golkar dan KIM dalam beberapa bulan terakhir ini masih saling tarik menarik untuk mendorong Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan, pengurus Golkar di Jawa Barat sudah menggelar pertemuan dengan Dedi Mulyadi.

"Perkembangannya tadi di pertemuan di Jawa Barat antara Partai Golkar, DPP Partai Golkar dan DPD Partai Gerindra. Kemudian ada juga pertemuan antara calon gubernur Jawa Barat, saudara Dedi Mulyadi dengan pengurus Golkar juga, antara lain Wakil Ketua (DPRD Jabar) Pak Ade Ginanjar. Jadi, pembicaraan kami sudah sampai ke arah sana," tutur dia. 

Kendati demikian, Airlangga belum secara lugas menyebut Ridwan Kamil bakal diusung Golkar di Pilkada Jakarta.

"Ya kan sudah jelas kalau Jawa Barat bek F Paulus tak membantah Golkar membuka peluang akan mengusung Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta. Menurut dia, bila Dedi Mulyadi resmi maju di Pilkada Jawa Barat, maka secara otomatis, Ridwan Kamil akan ditarik ke Jakarta.

"Ya, itu yang kita (maksud). Pak Dedi di sana (Jawa Barat), berarti OTW RK (Menuju Jakarta) jadi benar. Mungkin baliho dipasang lagi kali ya? Gimana setuju gak?" ujar Lodewijk.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya