Dasco: Keputusan Pilkada DKI 2024 Tunggu Prabowo

Pilkada Jakarta dan Jabar diumumkan bersamaan

Jakarta, IDN Times - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, pengambilan keputusan calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024 masih menunggu ketua umumnya, Prabowo Subianto kembali ke tanah air.

Dasco mengungkapkan, para pimpinan parpol di Koalisi Indonesia Maju (KIM) seperti Gerindra, Golkar, Demokrat, dan PAN akan bertemu Prabowo untuk membahas Pilkada Serentak 2024.

Adapun, Prabowo Subianto saat ini masih melakukan kunjungan kenegaraan ke sejumlah di Eropa hingga Rusia. 

"Kalau membahas ke siapa, mengerucutnya kan nanti kita dengar aja ketum-ketum nanti tunggu pak Prabowo pulang," kata Dasco, di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Dasco juga enggan menjawab terkait keputusan Ridwan Kamil apakah akan maju di Jakarta atau tetap di Jawa Barat pada Pilkada 2024. Menurut dia, terkait Ridwan Kamil itu nanti akan diputuskan langsung oleh ketua umum parpol.

"Nanti itu kan saya udah bilang urusan ketum-ketum, jadi kalau dijawab di sini kan saya nggak punya kewenangan," kata dia.

1. Cagub KIM di Jabar dan Jakarta tinggal tunggu waktu

Dasco: Keputusan Pilkada DKI 2024 Tunggu PrabowoWakil Ketua MPR RI, Ahmad Muzani sebut RUU Wantimpres tidak menabrak konstitusi. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan, calon gubernur yang akan didukung KIM untuk Pilkada DKI 2024 tinggal menunggu momentum yang tepat. 

"Pada waktunya nanti kami akan umumkan calon yang akan kita umumkan untuk menjadi calon gubernur di daerah, Jakarta," kata dia.

Ia pun tak menampik, KIM bakal mengumumkan kandidat yang akan diusung di Jakarta sebelum 17 Agustus 2024. Jika tidak, KIM akan mengumumkan nama kandidat cagub menjelang detik-detik pendaftaran pada 27 Agustus 2024.

"Ya bisa last minute, bisa sebelum 17-an," ujar dia.

Sejauh ini, sejumlah nama mulai menguat di internal KIM untuk Pilkada Jawa Barat dan Jakarta. Gerindra mendorong nama Ridwan Kamil Jakarta Namun, Golkar memberi sinyal bakal mengusung Jusuf Hamka. Adapun, di Jawa Barat, muncul nama Dedi Mulyadi yang didorong Gerindra.

Baca Juga: Ridwan Kamil Peluang Menang di Jabar, Kenapa Belum Diumumkan Golkar?

2. Golkar masih kukuh usung Ridwan Kamil di Jabar

Dasco: Keputusan Pilkada DKI 2024 Tunggu PrabowoWaketum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia sebut ada peluang Golkar-PDIP berkoalisi di Pilkada Banten 2024.

Partai Golkar kukuh merekomendasikan Ridwan Kamil maju di Pilkada Jawa Barat 2024. Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengakui, approval rating Ridwan Kamil sudah mencapai 90 persen di Jawa Barat.

"Artinya bahwa masyarakat Jawa Barat masih sangat menginginkan Ridwan Kamil menjadi Gubernur Jawa Barat," kata Doli. 

Doli mengatakan, Golkar tak mau mengabaikan hasil survei Ridwan Kamil di Jawa Barat. Dia menegaskan, Golkar akan mendukung seseorang supaya lebih bermakna di daerah tersebut.

"Kita kan nggak bisa mengabaikan itu, artinya kan kami mendukung seseorang dengan kita melihat orang itu supaya orang-orang itu punya makna di daerah itu kan," lanjut dia.

3. Golkar akui Jakarta belum terlihat rimbanya bagi Ridwan Kamil

Dasco: Keputusan Pilkada DKI 2024 Tunggu PrabowoMantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menghadiri sebuah diskusi di Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Doli mengakui peluang Ridwan Kamil menang di Jakarta masih belum terlihat. Mengacu hasil jajak pendapat Litbang Kompas, elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta masih ada di urutan ketiga setelah Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Jakarta itu kan kita belum tahu rimbanya kayak gimana. Ya sekarang, satu, siapa yang maju, belum tahu," kata dia.

Oleh sebab itu, Doli menilai, secara strategis, Jawa Barat lebih menguntungkan buat Ridwan Kamil.

"Terus kemudian kalau strategis, ya tentu buat kami lebih strategis Jawa Barat dibandingkan dengan Jakarta," kata dia.

Baca Juga: Survei: Anies Menang Saat Head to Head dengan Ridwan Kamil dan Ahok

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya