Dapat 1 Kursi, PPP Beri Sinyal Dukung Anies di Pilkada DKI 2024

Kader PPP punya sejarah dengan Anies

Intinya Sih...

  • Ketua PPP Ahmad Baidowi alias Awiek, memberikan sinyal partainya mendukung Anies Baswedan di Pilkada DKI karena kedekatan kader PPP dengan Anies. PPP hanya memiliki satu kursi di Pemilu 2024 Jakarta dan tidak akan memberikan pengaruh signifikan. Namun, PPP yakin pendukungnya masih tinggi di Jakarta.

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi alias Awiek, memberikan sinyal partainya mendukung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta.

Awiek mengatakan, kader PPP di Jakarta memiliki kedekatan dengan Anies. Kendati, dia menyadari, PPP hanya memperoleh satu kursi pada Pemilu 2024 Jakarta, sehingga tidak akan memberikan pengaruh signifikan. 

"Kalau di Jakarta memang arus masyarakat itu kalau kader PPP itu ada kesejarahan dengan Pak Anies ya," kata Awiek kepada wartawan, Selasa (2/7/2024).

1. PPP tak bisa pengaruhi konfigurasi politik di Pilkada Jakarta

Dapat 1 Kursi, PPP Beri Sinyal Dukung Anies di Pilkada DKI 2024Ilustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurut Awiek, dengan perolehan satu kursi itu, PPP tidak akan mampu mengubah konfigurasi politik yang ada di Pilkada DKI. Kecuali, kata dia, ada partai politik yang perolehan kursinya hanya kurang satu, sehingga PPP dapat dipertimbangkan. 

Hanya saja, Awiek memastikan, suara PPP di akar rumput masih cukup besar, sehingga masih bisa memberikan penambahan suara untuk calon yang akan didukung partai berlambang Ka'bah itu.

"Meskipun demikian, suara PPP di DKI itu cukup lumayan, walaupun kursinya hanya satu," kata dia.

Baca Juga: Mardiono Minta Kader PPP Menangi Pilkada, Janji Awasi Anggota Terpilih

2. PKS duetkan Anies dan Sohibul Iman untuk Pilkada Jakarta

Dapat 1 Kursi, PPP Beri Sinyal Dukung Anies di Pilkada DKI 2024Anies Baswedan dan Sohibul Iman (ANTARA FOTOIDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman, sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada DKI Jakarta 2024.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu  mengatakan, alasan mengusung Anies karena ia telah sukses memimpin Jakarta selama lima tahun pada 2017-2022. Dia menilai, Anies telah sukses dan menorehkan sejumlah prestasi selama memimpin Jakarta.

"PKS pada rapat di hari Kamis 20 Juni 2024, telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan bapak Mohammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur (Jakarta)," kata Syaikhu.

Baca Juga: Cak Imin Bicara Kans Anies-Andika: PDIP Mau Gak?

3. Anies yakin bakal ada partai lain yang akan beri dukungan

Dapat 1 Kursi, PPP Beri Sinyal Dukung Anies di Pilkada DKI 2024Anies Baswedan hadir di acara Ngobrol Seru by IDN Times pada Selasa (11/6/2024). (IDN Times/Tata Firza)

Mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan sejauh ini sudah mendapatkan dua tiket dukungan untuk maju di Pilkada Jakarta 2024, yaitu dari PKS dan PKB DKI.

Ia pun optimistis ke depan masih ada partai-partai lain yang akan memberikan dukungan pada Pilkada Jakarta 2024.

“Alhamdulillah sesudah PKB dan PKS insyaallah akan ada partai-partai lain yang mau berjuang bersama, untuk mengembalikan Jakarta menjadi kota yang maju kotanya bahagia warganya,” kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya