Cak Imin Sindir Kemenag Terkait Pelaksanaan Haji: Dikritik Marah

Kemenang dinilai anti terhadap kritik, kenapa ya?

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyentil Kementerian Agama yang terkesan anti terhadap kritik terkait karut-marut pelaksanaan haji 2024.

Cak Imin lantas menyinggung jawaban Kemenag terkait kepadatan di Mina. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Hilman Latief sempat menjawab bahwa kepadatan yang terjadi di Mina sudah terjadi sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Menurut Cak Imin selama ini tidak pernah ada terobosan yang bersifat resolutif yang dilakukan oleh Kementerian Agama untuk mengatasi berbagai persoalan haji. 

"Malah kemarin dikritik marah Kemenag, dikritik soal Mina yang orang tidur laki perempuan bertumpuk dalam kondisi pakaian ihram, krik krik jawabannya 'ya sejak jaman nabi ya memang begitu' jawaban kemenag begitu," kata Cak Imin saat memberikan sambutan dalam Mukernas PKB, di JCC, Jakarta, Selasa(23/7/2024).

Selain itu, Cak Imin turut menyoroti persoalan lain yang terjadi dalam pelaksanaan haji, misalnya lempar jumrah baru diatasi setelah satu abad lamanya. 

Ia pun mengatakan, perbaikan pelaksanaan haji mungkin bisa berubah ketika nanti Jazilul Fawaid menjadi Menteri Agama. 

"Dari dulu tidak ada solusi, setelah satu abad baru ada solusi, yang namanya lempar jumrah bertingkat, kenapa Arafah Mina ga dibikin bertingkat? Tentu menunggu pak Jazil menjadi menteri agama kira-kira," kata dia.

Baca Juga: Cak Imin Singgung Masalah Haji, Doakan Jazilul Fawaid Jadi Menag

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya