Buruh Tolak Tapera, Massa Mulai Kepung Area Patung Kuda

Aparat kepolisian mengawal ketat

Jakarta, IDN Times - Massa aksi unjuk rasa program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) mulai memadati area bundaran Patung Arjuna Wiwaha di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024).

Pantauan IDN Times, ratusan buruh yang berasal dari Federasi Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berpakaian serba hitam dengan bandana warna dipasang di bagian kepala. Mereka juga tampak membawa tongkat sambil mengibarkan bendera Partai Buruh dan memadati ruas-ruas jalan di sebelah kiri Jalan Medan Merdeka Barat.

Ada pula massa aksi yang menggunakan kostum berwarna hijau dari kelompok Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan (FSPKEP).

Sementara itu, aparat kepolisian juga mengawal ketat jalannya unjuk rasa dari berbagai elemen buruh. Polisi juga tampak menutup jalan yang menjadi akses ke Istana Negara dengan menggunakan barier beton.

Aksi unjuk rasa kali ini juga akan dipimpin langsung oleh Presiden Partai Buruh, Said Iqbal. Selain menolak Tapera, buruh juga akan menyuarakan isu krusial lainnya, yakni terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mahal hingga upah murah.

"(Agenda demo) pertama, Tolak PP Tapera; kedua, Tolak Uang Kuliah Tunggal (UKT) Mahal; ketiga, Tolak KRIS BPJS Kesehatan; keempat, Tolak Omnibuslaw UU Cipta Kerja; kelima, Hapus OutSourching Tolak Upah Murah (HOSTUM)," tutur Said Iqbal.

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana Merdeka Imbas Demo Tapera

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya