Anies Tegaskan Fery Farhati Tak Akan Cawe-cawe: Termasuk Reshuffle

Anies tidak akan melibatkan keluarga untuk urusan pemerintah

Jakarta, IDN Times - Capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan berkomitmen tidak akan melibatkan sang istri, Fery Farhati, terhadap urusan negara jika terpilih pada Pilpres 2024.

Menurut Anies, komitmen itu telah dibuktikan sejak menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Gubernur DKI Jakarta. Anies memastikan tidak akan melibatkan keluarga untuk urusan pemerintahan, termasuk sang istri, Fery Farhati.

"Komitmen itu bukan komitmen masa depan ketika saya bertugas di Kemendikbud ketika saya bertugas sebagai rektor ketika saya bertugas di DKI semuanya menerapkan prinsip yang profesional di mana keluarga tidak terlibat di dalam urusan pemerintahan dan itu sudah terjadi," kata Anies kepada IDN Times, saat ditemui seusai menghadiri acara Indonesia Milenial and Gen Z Summit (IMGS) 2023 di Senayan Park, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023).

Anies bercerita Fery Farhati tak pernah terlibat untuk perombakan posisi kepala dinas saat dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Hal itu juga akan dilakukan ketika nanti harus melakukan perombakan menteri di kabinet pemerintahannya ketika menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

"Gak pernah (ikut mengotak-atik posisi kepala dinas), rapat juga nggak pernah kecuali kalau rapat dengan PKK," ujar dia.

"Apalagi itu (reshuffle menteri) kepala dinas aja tidak pernah," kata dia.

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024.

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: Anies Klaim Kemacetan Jakarta Turun di Era Kepemimpinannya

Baca Juga: Ganjar Pranowo Ungkap soal Komunikasi dengan Anies Baswedan

Baca Juga: Keliling 14 Provinsi, Anies Sering Dicurhati Harga Sembako Makin Mahal

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya