Anies Sambut Baik Rencana Uji Publik Capres oleh PP Muhammadiyah 

Uji publik akan digelar sebelum masa kampanye

Jakarta, IDN Times - Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan, menyambut baik rencana uji publik secara akademis terhadap ketiga capres-cawapres yang akan digelar oleh PP Muhammadiyah.

Menurut dia, uji publik bagi ketiga capres-cawapres itu memang perlu dilakukan untuk menguji gagasan yang akan dibawa ketiga pasangan calon, pada Pemilu 2024 yang akan datang.

"Kami menyambut, kami terima kasih, dan menurut saya memang harus begitu. Kita menyambut baik. Perhatikan dua hal. Satu tentang apa yang mau dikerjakan, kedua apa yang sudah dikerjakan. Karena dua-duanya tak kalah penting," kata Anies saat ditemui seusai menghadiri acara Rakornas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), di Jakarta Timur, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga: Anies Sentil Kebijakan Luar Negeri Era Jokowi Sifatnya Transaksional

1. Muhammadiyah berencana gelar uji publik untuk ketiga pasangan capres-cawapres

Anies Sambut Baik Rencana Uji Publik Capres oleh PP Muhammadiyah Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah merencanakan untuk menggelar uji publik dan dialog terbuka kepada tiga bakal pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden (capres-cawapres), yang akan bertarung pada Pemilu 2024.

Menurut Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, rencana uji publik untuk ketiga paslon ini adalah kesepakatan rapat Pleno PP Muhammadiyah, merespons permintaan pertemuan para paslon dengan petinggi PP Muhammadiyah.

“Kemarin di Pleno PP Muhammadiyah sudah disepakati akan menyelenggarakan semacam mungkin uji publik gitu ya, atau bentuknya nanti dialog begitu dengan masing-masing capres-cawapres di Kampus Muhammadiyah,” ujarnya menukil laman resmi PP Muhammadiyah.

2. Uji publik akan digelar di tiga kampus berbeda

Anies Sambut Baik Rencana Uji Publik Capres oleh PP Muhammadiyah Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mu'ti mengatakan, untuk teknis pelaksanaannya, nantinya uji publik akan digelar di tiga kampus Muhammadiyah yang berbeda. Dalam uji publik tersebut, tiga paslon akan diuji program yang dijanjikan dalam visi-misi yang mereka serahkan saat pendaftaran ke KPU-RI.

“Pelaksanaannya kita pisah, jadi ada Kampus A nanti khusus untuk calon A, Kampus B untuk calon B, kampus C untuk calon C,” ungkapnya.

3. Uji publik akan digelar sebelum kampanye dimulai

Anies Sambut Baik Rencana Uji Publik Capres oleh PP Muhammadiyah Sekjen Muhammadiyah Abdul Mu'ti. (instagram.com/abe_mukti)

Meski belum ditentukan tanggal dan lokasi kampus tempat perhelatan uji publik, Mu’ti mengatakan, pelaksanaannya akan dirancang sebelum dimulainya masa kampanye pada 28 November 2023.

“Belum kita putuskan waktunya, dan belum kita tentukan kampusnya. Ini sebelum kampanye, jadi tidak merupakan rangkaian kampanye,” ucapnya.

Baca Juga: Ini Nasib Kartu Prakerja Bila Anies Menang Pemilu 2024, Bakal Lanjut?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya