Amien Rais Yakin Prabowo Setuju Amandemen UUD 45 Dikembalikan Aslinya

Gerindra sebut usulan amandemen UUD 45 harus di forum resmi

Intinya Sih...

  • Mantan Ketua MPR RI Amien Rais meyakini presiden terpilih Prabowo Subianto akan setuju mengembalikan UUD 1945 ke naskah aslinya. Ketua DPD RI La Nyalla juga mengklaim Prabowo ingin kembalikan UUD 1945 sesuai visi-misinya pada Pemilu 2024. Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menanggapi usulan amandemen UUD 1945 harus disampaikan di forum resmi.
     

Jakarta, IDN Times - Mantan Ketua MPR RI, Amien Rais, meyakini presiden terpilih, Prabowo Subianto akan setuju bila Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dikembalikan ke naskah aslinya. Ia pun memuji Prabowo sebagai sosok yang cerdas.

Hal ini disampaikan Amien Rais usai berdiskusi dengan Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/6/2024).

"Pak Prabowo itu orang pintar. Kutu buku dia. Jangan dibandingkanlah, ya. Insyaallah (disetujui)," kata Amien di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2024). 

Amien mengatakan Prabowo memiliki pengetahuan luas. Ia percaya UUD 1945 itu akan dikembalikan ke naskah aslinya. 

"Iya dong, insyaallah. Prabowo itu kan orangnya kan lues," ujar Ketua Majelis Syuro Partai Ummat itu.

1. La Nyalla klaim Prabowo mau amandemen UUD 45

Amien Rais Yakin Prabowo Setuju Amandemen UUD 45 Dikembalikan AslinyaKetua DPD RI Lanyalla Mahmud Mattalitti menerima Amien Rais di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

La Nyalla sempat menyampaikan proposal agar UUD 1945 dikembalikan ke naskah aslinya, yang mana Presiden RI dipilih MPR RI. 

Dia mengklaim Prabowo mau mengembalikan UUD 1945 ke naskah aslinya. Menurut dia hal itu juga menjadi visi-misi Prabowo pada Pemilu 2024. 

"Ya harus bisalah. Pak prabowo juga mau kok. Pak Prabowo jelas mau. Visi misinya Pak Prabowo jelas kembalikan UUD 1945 sesuai dengan naskah asli," kata La Nyalla. 

Baca Juga: MKD Sanksi Bamsoet soal Amandemen UUD 1945

2. Gerindra respons usulan La Nyalla soal amandemen UUD 1945

Amien Rais Yakin Prabowo Setuju Amandemen UUD 45 Dikembalikan AslinyaWakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Habiburrokhman sebut Ridwan Kamil jadi salah satu kandidat potensial pimpin Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Habiburokhman, menanggapi usulan amandemen UUD 1945 ke naskah aslinya. Menurut dia, usulan tersebut mesti disampaikan di forum resmi, sebab tak boleh ada pihak yang memaksakan pendapatnya.

"Silakan saja diusulkan dalam forum resmi, dengan mekanisme yang tepat. Kami yakin Pak Prabowo siap mendengar usulan-usulan dari masyarakat, dan bermusyawarah mengenai hal tersebut. Kita harus adil, jangan ada yang memaksakan pendapatnya," kata dia.

Baca Juga: Ketua MKD Bicara Sanksi Bamsoet atas Pernyataan soal Amandemen UUD 45

3. Aspirasi masyarakat soal amandemen UUD 45 beragam

Amien Rais Yakin Prabowo Setuju Amandemen UUD 45 Dikembalikan AslinyaGedung DPR/MPR (IDN Times/Amir Faisol)

Habiburrokhman mengatakan aspirasi masyarakat terkait amandemen UUD 1945 beragam. Ada pihak yang ingin mengembalikan UUD 1945 seperti naskah aslinya, atau bahkan ada yang ingin menggabungkan antara naskah asli dengan yang saat ini berlaku.

"Yang perlu dicatat, aspirasi masyarakat cukup beragam. Ada yang ingin kembali ke UUD 1945, ada yang ingin tetap seperti saat ini, ada pula yang menggabungkan keduanya, beberapa bagian kembali ke UUD 1945 asli, beberapa bagian tetap dipertahankan," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya