AHY Usung Kapolda Papua Irjen Mathius Maju Pilkada 2024

AHY juga dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut

Intinya Sih...

  • Partai Demokrat resmi usung Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri sebagai cagub Papua di Pilkada 2024.
  • AHY yakin Mathius bisa memajukan Papua dan memberikan rasa aman serta akan maju bersama wakilnya Aryoko.

Jakarta, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat resmi mengusung Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri untuk maju sebagai bakal calon gubernur Papua pada Pilkada 2024 di Provinsi Papua.

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, Mathius saat ini masih aktif sebagai anggota perwira. Namun, AHY memastikan, saat pendaftaran pada 27 Agustus mendatang, Mathius sudah bebas tugas sebagai anggota Korps Bhayangkara.

“Pada saatnya benar-benar setelah bebas tugas dari Kepolisian Republik Indonesia, beliau akan penuh dedikasi berjuang menjadi calon gubernur dan menyejahterakan masyarakat di Papua,” kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (8/8/2024) malam.

1. AHY ungkap alasan Demokrat dukung Mathius

AHY Usung Kapolda Papua Irjen Mathius Maju Pilkada 2024Menteri ATR/BPN AHY akui data kementeriannya belum terintegrasi dengan PDN. (IDN Times/Amir Faisol)

AHY mengungkapkan, alasan Partai Demokrat memberikan dukungan kepada Irjen Pol, Mathius Fakhiri. Menteri ATR/Kepala BPN itu mengatakan, Mathius memiliki rekam jejak yang baik untuk membangun tanah Papua. 

AHY juga yakin Mathius bisa menghadirkan rasa aman di tanah Papua, termasuk memajukan daerahnya menjadi provinsi yang lebih maju lagi.

“Sebagai perwira tinggi Polri, dan juga memiliki kepedulian membangun tanah kelahirannya, saya yakin beliau bisa menghadirkan rasa aman tadi, termasuk memajukan Papua semakin baik ke depannya,” tutur AHY.

Baca Juga: Mengenal Mathius Fakhiri, Kapolda Papua yang Berpengalaman Hadapi KKB

2. Mathius-Aryoko dinilai AHY pasangan ideal untuk Papua

AHY Usung Kapolda Papua Irjen Mathius Maju Pilkada 2024Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pastikan data di kementeriannya tak terdampak peretasan PDNS Surabaya. (IDN Times/Amir Faisol)

AHY menambahkan, Mathius akan maju bersama wakilnya Aryoko. AHY menjelaskan, Aryoko adalah kader internal Partai Demokrat. 

Menurut AHY, duet Mathius-Aryoko merupakan pasangan yang ideal untuk maju sebagai cagub dan cawagub di Pilkada 2024 mendatang.

“Pasangan bapak Fakhri dan bapak Aryoko ini menjadi pasangan yang insyaallah ideal dan juga insyaallah menghadirkan harapan baru untuk masyarakat Papua ke depan,” ujar dia.

Baca Juga: AHY Beri Rekomendasi 55 Balon Kepala Daerah, Ada Ali Syakieb

3. AHY juga usung Bobby dan adik Zulhas

AHY Usung Kapolda Papua Irjen Mathius Maju Pilkada 2024(IDN Times/Amir Faisol)

Selain Irjen Pol Mathius D Fakhiri dan Aryoko, AHY juga menyerahkan surat rekomendasi dukungan untuk enam bakal calon kepala daerah lainnya. 

Salah satu yang menarik adalah ada nama Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Surya yang akan maju di Pilgub Sumut. Kemudian, ada juga adik Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Helmi Hasan dan wakilnya Hj. Mian yang akan maju di Pilgub Bengkulu 2024.

Berikut daftar tujuh kandidat bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung Partai Demokrat:

  1. Kalimantan Utara: Yansen Tipa Padan-Mayor TNI Purn, Suratno
  2. Provinsi Bengkulu: Helmi Hasan- Hj. Mian
  3. Provinsi Papua: Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri-Aryoko
  4. Provinsi Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah-Vasko Ruseimy
  5. Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor-Hadi Mulyadi
  6. Provinsi Sulawesi Barat: Suhardi Duka (SDK)-Mayjen Purn. Salim S. Mengga
  7. Provinsi Sumatra Utara Bobby Afif Nasution- Surya.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya