AHY: Ridwan Kamil Jadi Cagub DKI yang Diperhitungkan

KIM Plus resmi usung Ridwan Kamil

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengakui telah mempertimbangkan Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024. AHY mengakui, Jakarta akan menjadi salah satu magnitude dalam pilkada nanti.

“Kita ingin optimis tapi juga realistis, kita tahu DKI Jakarta akan sengit, pertarungannya. Dan sudah muncul tokoh lain seperti Bung Ridwan Kamil misalnya ini juga terus menjadi perhitungan yang kita lakukan,” kata AHY di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (8/8/2024) malam.

1. AHY akui Demokrat tak mau buru-buru

AHY: Ridwan Kamil Jadi Cagub DKI yang DiperhitungkanMenteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pastikan data di kementeriannya tak terdampak peretasan PDNS Surabaya. (IDN Times/Amir Faisol)

Kendati demikian, AHY mengaku tak mau buru-buru dalam memberikan rekomendasi secara resmi. Demokrat kata dia juga masih mempertimbangkan sosok yang pantas untuk diusung di Pilkada DKI Jakarta.

Adapun soal cawagub, AHY kemudian menyinggung soal kriteria yang pantas di Pilkada DKI Jakarta 2024. Menurut dia, seorang cawagub tidak hanya mampu mendongkrak elektoral saja, tapi juga memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk mendampingi calon gubenur.

“Kalau ditanya wakilnya bagaimana, ya tentu kita berharap juga Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang bisa memberikan support secara elektoral. Termasuk dukungan politik lain yang diperlukan untuk melengkapi kekuatan sang Calon Gubernur pada saatnya,” kata AHY.

2. AHY cawagub bisa berasal di luar KIM Plus

AHY: Ridwan Kamil Jadi Cagub DKI yang DiperhitungkanKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menerima Pimpinan MPR RI. (IDN Times/Amir Faisol)

AHY menegaskan, cawagub di Pilkada DKI Jakarta 2024 juga terbuka luas tidak hanya terbatas dari kader partai di dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Melainkan bisa juga kader partai dari luar koalisi asalkan, memenuhi kriteria yang diharapkan.

“Kita ingin hitung dengan baik, dari mana asalnya ya macem-macem bisa dari internal. Bisa dari koalisi, bisa dari luar yang kemudian sama-sama diyakini bisa menambah nilai tadi. Jadi saya belum bisa menjawab siapa orangnya, dari mana dia berasal (Cawagub),” ujar dia.

3. KIM Plus resmi usung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

AHY: Ridwan Kamil Jadi Cagub DKI yang DiperhitungkanKetua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad pastikan partainya tutup pintu dukungan ke Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus sudah menentukan pilihan calon kepala daerah di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Dasco mengatakan, sejumlah partai politik di dalam koalisi sepakat mendukung eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Ya, insya Allah di KIM Plus sudah muncul satu nama. Yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta," kata Dasco.

Dalam waktu dekat, KIM Plus kaan melakukan sinkronisasi untuk membahas strategi pemenangan Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta.

"Sehari-dua hari dalam rangka bukan (deklarasi) kita melakukan sinkronisasi dengan partai KIM dan Plusnya," ujar dia.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya