Ada Gala Dinner KTT ASEAN, Masyarakat Diminta Hindari Senayan

Ini rute jalan alternatif yang disiapkan Polri

Jakarta, IDN Times - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerapkan rekayasa lalu lintas pada pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung di Jakarta mulai 5-7 September 2023.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan dua sesi, yakni pukul 8.00 WIB sampai 10.00 WIB dan pukul 16.00 WIB sampai 22.00 WIB.

“Siang sampai malam ini seputar Senayan akan sibuk dan pengalihan-pengalihan arus karena tamu KTT rapat dan gala dinner,” kata Firman kepada IDN Times, Rabu (6/9/2023).

1. Begini rekaya lalu lintas pada saat KTT ASEAN

Ada Gala Dinner KTT ASEAN, Masyarakat Diminta Hindari SenayanLalu lintas Jakarta, trotoar Sudirman thamrin (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Dalam rangka KTT ke-43 ASEAN akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Berikut kawasan yang steril:

1. Sepanjang Jalan MH. Thamrin sampai Jalan Jenderal Sudirman tepatnya dari Bundaran Patung Kuda sampai dengan Bundaran Senayan.

2. Sepanjang Jalan HR. Rasuna Said, dari Traffic Light COKRO sampai dengan Traffic Light Kuningan.

3. Sepanjang Jalan Iman Bonjol sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia.

“Agar warga masyarakat menggunakan rute alternatif, terima kasih,” tulis keterangan NTMCLantasPolri.

Baca Juga: Di Sela KTT ASEAN, Jokowi Bertemu Presiden Bangladesh dan PM Kanada

2. Berikut rute alternatif yang dapat dilalui warga

Ada Gala Dinner KTT ASEAN, Masyarakat Diminta Hindari SenayanSituasi lalu lintas di Tahun Baru Imlek 2020 (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Korlantas Polri telah menyiapkan sejumlah jalan alternatif yang dapat dilalui oleh warga selama pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN.

1. Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-Berputar di U-turn dean Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-dan seterusnya.

2. Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Fahrudin- Jalan K.H.Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kai Maja-Jalan Panglima Polim-dan seterusnya.

3. Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Kai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pd. Indah-Berputar di U-turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-Jalan S.Parman-dan seterusnya.

4. Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S.Parman-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan- Jalan R.M. Margono-Jalan Galunggung- Jalan Dr. Saharjo- Jalan Prof Dr. Soepomo- Jalan MT. Haryono-dan seterusnya.

3. Sebanyak 6.182 personel dikerahkan amankan KTT ASEAN

Ada Gala Dinner KTT ASEAN, Masyarakat Diminta Hindari SenayanKapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebanyak 6.182 personel dari berbagai divisi, termasuk Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polda Banten, dan Polda Jawa Barat, telah dikerahkan untuk pengawalan ketat terhadap delegasi KTT ke-43 ASEAN.

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Muhammad Fadil Imran, mengatakan keselamatan delegasi KTT ke-43 ASEAN adalah prioritas utama. Polri telah melakukan persiapan matang dan akan menjaga setiap langkah mereka dengan seksama.

“Termasuk pengamanan di jalan raya untuk memastikan mereka tiba dengan selamat di lokasi acara dan hotel tempat mereka menginap,” ucapnya.

Pengamanan yang ketat ini kata dia mencerminkan kerja keras Polri dalam mendukung keberhasilan KTT ke-43 ASEAN.

“Serta menjaga citra positif Indonesia sebagai tuan rumah yang aman dan ramah bagi tamu negara,” kata dia.

Baca Juga: Fakta-Fakta Hutan Kota Plataran, Lokasi Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya