IMS 2020: Martin Hartono, Putra Bos Djarum yang Pilih Bisnis Digital

Simak visinya di Indonesia Millennial Summit 2020

Jakarta, IDN Times - Martin B Hartono adalah putra dari orang terkaya di Indonesia. Sang ayah, Robert Budi Hartono merupakan pemilik grup bisnis Djarum.

Walaupun terlahir dari keluarga mapan, Martin tidak terpaku pada bidang bisnis yang sama dengan sang ayah. Dia lebih memilih mengembangkan sayap bisnis baru di bidang yang ia gemari, yaitu teknologi.

Lalu, bagaimana rekam jejak Martin yang akan menjadi pembicara di Indonesia Millennial Summit 2020, yang digelar IDN Times pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta? 

1. Tertarik pada bidang teknologi

IMS 2020: Martin Hartono, Putra Bos Djarum yang Pilih Bisnis DigitalCEO GDP Ventures Martin Hartono (IDN Times/Santi Dewi)

Dikutip dari berbagai sumber, walaupun tidak memiliki latar belakang pendidikan teknologi, Martin memiliki ketertarikan pada bidang tersebut. Dia pun belajar lebih mendalam tentang teknologi.

Bahkan, ia belajar dengan autodidak atau secara mandiri demi mengetahui lebih dalam hal-hal yang berhubungan dengan teknologi.

Baca Juga: IMS 2020: Mengenal Dio Santoso, Si Pendiri Haluu World yang Hits Abis!

2. Memiliki latar belakang pendidikan bisnis

IMS 2020: Martin Hartono, Putra Bos Djarum yang Pilih Bisnis Digital(gdpventure.com)

Martin adalah lulusan sarjana ekonomi di University of California pada 1996. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan bidang pemasaran dan strategi di Claremont Graduate University yang lulus pada 1998.

Meski memiliki latar belakang pendidikan bisnis yang kuat, Martin tidak berhenti begitu saja untuk terus belajar. Dia memanfaatkan jaringannya untuk mendalami teknologi. 

3. Mendirikan bisnis digital PT GDP Venture

IMS 2020: Martin Hartono, Putra Bos Djarum yang Pilih Bisnis Digital(forbes.com)

Bermodal ilmu bisnis dan teknologi yang didapat, Martin mulai mendirikan sebuah bisnis digital, PT Global Digital Prima (GDP) Venture.

PT GDP Venture merupakan perusahaan yang masih terjalin dengan Djarum Group. Martin mendirikan perusahaan tersebut pada 2010.

PT GDP Venture adalah perusahaan permodalan yang fokus memberikan pendanaan kepada startup digital dan bisnis online. Dengan perusahaan tersebut, karier Martin pun semakin menanjak.

4. Salah satu sosok di balik kesuksesan Kaskus

IMS 2020: Martin Hartono, Putra Bos Djarum yang Pilih Bisnis Digital(forbes.com)

Selain itu, Martin juga salah satu sosok di balik kesuksesan Kaskus. Martin dipilih Founder Kaskus Andrew Darwis untuk bekerja sama.

Bahkan, demi menjalin kerja sama dengan Martin, Andrew rela menolak pendanaan dari Google.

5. Menjadi pembicara Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Times

IMS 2020: Martin Hartono, Putra Bos Djarum yang Pilih Bisnis DigitalIMS 2019 (IDN Times/Ashari Arief)

Martin Hartono akan menjadi salah satu pembicara Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Times. Acara bertema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta, pada 17-18 Januari 2020.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, mulai dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan, hingga kepemimpinan millennial. Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 pemimpin millennial.

Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan IDN Research Institute bersama Nielsen ini bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

Baca Juga: IMS 2020: James Hadisurjo Buat Bridges Eyewear karena Suka Kreativitas

Topik:

  • Rochmanudin
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya