Dampingi Jokowi Tinjau IKN, Prabowo Catat Saksama Arahan Presiden

Jokowi dorong TNI-Polri perbaiki tata kelola dan manajemen

Jakarta, IDN Times -- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tampak akrab saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memberikan pengarahan kepada para pejabat TNI-Polri di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024).

Pada kesempatan tersebut, Prabowo selaku presiden terpilih RI terlihat menyimak dan mencatat dengan seksama pengarahan Jokowi kepada para pejabat TNI-Polri. Prabowo tampak memegang pena dan catatan kecil, dia menuliskan sejumlah arahan Jokowi yang dirasa penting.

Tak hanya itu, momen keakraban Prabowo dan Jokowi bersama para pejabat TNI-Polri juga tampak saat meninjau progres pembangunan Ibu Kota Nusantara di lokasi Sumbu Kebangsaan.

Adapun Jokowi memberikan pengarahan kepada para pejabat TNI-Polri yang masing-masing institusi dihadiri oleh pimpinan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Jokowi menekankan kepada TNI-Polri untuk dapat memperbaiki tata kelola, manajemen birokrasi yang baik agar semakin profesional. Selain itu, dia juga mengatakan TNI-Polri harus berani mengambil keputusan dan mengambil langkah kecil dan besar yang berdampak bagi negara Indonesia. 

"Negara kita butuh stabilitas untuk tetap tumbuh. Saya minta TNI dan Polri harus menjaga betul stabilitas, mendukung penuh transisi pemerintahan," ujar Jokowi.

1. Jokowi berpesan kepada TNI-Polri untuk dapat memperbaiki tata kelola dan manajemen birokrasi yang baik agar semakin profesional

Dampingi Jokowi Tinjau IKN, Prabowo Catat Saksama Arahan PresidenPanglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam acara pengarahan Presiden Jokowi kepada pejabat TNI-Polri di IKN (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Sementara Panglima TNI saat memberikan kata pengantar pada pertemuan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Jokowi atas pengarahannya kepada TNI untuk menjadi lebih maju, modern, dan profesional.

"Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada bapak Presiden atas kehadiran dan kesediaanya untuk memberikan pengarahan kepada TNI dan Polri di IKN sehingga kami menjadi lebih maju modern dan profesional," ujar Agus.

Kemudian, Kapolri mengatakan Polri siap menindaklanjuti petunjuk dan arahan presiden untuk mewaspadai perkembangan lingkungan strategis yang dapat berdampak pada kemajuan bangsa. Dia menegaskan komitmen Polri untuk terus berbenah dengan melakukan perubahan pola pikir, kerja, dan budaya kerja ke arah yang lebih baik.

"Dengan meningkatkan kualitas, kapasitas dan profesionalisme pelaksanaan tugas untukmenjaga stabilitas kedaulatan negara serta stabilitas keamanan dalam negeri," ujar Listyo.

Baca Juga: Calon Pimpinan KPK Era Prabowo-Gibran Didominasi Penegak Hukum

2. Jokowi menyebut Prabowo Subianto akan mendorong keberlanjutan dan percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)

Dampingi Jokowi Tinjau IKN, Prabowo Catat Saksama Arahan PresidenPresiden Jokowi dalam acara pengarahan pejabat TNI-Polri di IKN (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto akan mendorong keberlanjutan dan percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu Jokowi sampaikan dalam pertemuan pengarahan bersama jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju serta TNI dan Porli di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024).

“IKN ini belum jadi, masih dalam proses pembangunan mungkin bisa memakan waktu 10 tahun 15 tahun bahkan 20 tahun. Meski, saya meyakini Bapak Presiden terpilih (Prabowo) pernah sampaikan kepada saya, akan saya percepat Pak,” ujar Jokowi. 

Mewujudkan Indonesia Maju dan Indonesia Emas 2045, menurut Jokowi, diperlukan stabilitas yang turut memerlukan sinergitas semua pihak termasuk TNI dan Polri.

“Negara kita Indonesia butuh stabilitas untuk tumbuh, butuh stabilitas untuk melakukan pembangunan, nggak mungkin negara berkonflik bisa membangun, nggak mungkin,” ujar Jokowi

Untuk itu, diperlukan peran serta TNI dan Polri yang profesional untuk menjaga stabilitas keamanan bagi seluruh rakyat Indonesia. “Untuk menjaga stabilitas itu butuh TNI Polri yang profesional, yang dipercaya oleh rakyat,” lanjut Jokowi.

3. Proses transisi pemerintahan Jokowi ke era pemerintahan Prabowo diharapkan dapat berjalan baik dan lancar

Dampingi Jokowi Tinjau IKN, Prabowo Catat Saksama Arahan PresidenPrabowo dalam acara Apel Akbar Partai Gerindra di Indonesia Arena, Sabtu (31/8/2024). (Dok. Tim Komunikasi Prabowo)

Ia mengatakan banyak hal kecil yang bisa dilakukan oleh personel TNI dan Polri untuk bisa meningkatkan rasa kepercayaan rakyat terhadap institusi. Jokowi mencontohkan beberapa hal seperti adanya sosok Polisi yang membantu mengambilkan rapot anak yatim di Bandung atau TNI yang membantu seorang ibu yang motornya mogok di Pontianak.

“Saya berikan contoh ini hal kecil tapi menjadi hal-hal yang humanis, polisi ambil rapot anak yatim ini di Bandung. TNI membantu motor mogok seorang ibu di Pontianak, hal-hal seperti ini humanis. Polisi bekuk oknum bersenjata, ini hal-hal humanis di mana masyarakat merasa diayomi dan dilindungi,” kata Jokowi.

Jokowi turut berpesan dan menegaskan untuk bersama-sama dalam proses transisi pemerintahan Jokowi ke era pemerintahan Prabowo dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Pastikan proses transisi berjalan baik dan lancar. Jangan sampai ada riak-riak yang berpotensi mengganggu juga dukung penuh penyelenggaraan Pilkada jaga netralitas, jaga situasi agar tetap kondusif,” ujarnya. (WEB)

*Artikel ini merupakan kerja sama IDN Times dan Tim Komunikasi Prabowo

Baca Juga: Dasco Sebut Kabinet Prabowo Bakal Didominasi Kalangan Profesional

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya