Percepat NZE, Pertamina Hadirkan Sustainability Microsite

Microsite ini dirancang sebagai pusat informasi komprehensif

Jakarta, IDN Times -- PT Pertamina (Persero) merilis microsite sustainability sebagai media untuk mengomunikasikan komitmen Pertamina terhadap berkelanjutan. Microsite ini dirancang sebagai pusat informasi yang komprehensif mengenai inisiatif keberlanjutan Pertamina dalam mencapai Net Zero Emission pada 2060 atau lebih cepat.

Komitmen berkelanjutan ini mencakup peran pucuk pimpinan dan kesadaran dari seluruh karyawan (perwira) sebagai pemangku kepentingan internal perusahaan.

1. Komitmen Pertamina terhadap keberlanjutan dengan menekankan aspek ESG dalam strategi perusahaan

Percepat NZE, Pertamina Hadirkan Sustainability MicrositePT Pertamina (Persero) merilis microsite sustainability sebagai media untuk mengomunikasikan komitmen Pertamina terhadap berkelanjutan. (Dok. Pertamina)

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan sebagai perusahaan energi global, komitmen Pertamina terhadap keberlanjutan adalah dengan menekankan aspek ESG dalam strategi perusahaan. 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina memastikan seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat, pemerintah, investor, dan mitra bisnis dapat dengan mudah mengakses informasi terkait upaya Pertamina dalam menjaga keberlanjutan.

“Saat ini laman sustainability dapat diakses publik melalui sustainability microsite sustainability.pertamina.com, yang merupakan salah satu fitur dari website utama Pertamina,” kata Fadjar. 

Baca Juga: Pertamina Patra Niaga Tersertifikasi Internasional Distribusi SAF

2. Melalui laman microsite ini, masyarakat juga dapat mengetahui langkah Pertamina secara signifikan menuju masa depan berkelanjutan

Percepat NZE, Pertamina Hadirkan Sustainability MicrositePT Pertamina (Persero) merilis microsite sustainability sebagai media untuk mengomunikasikan komitmen Pertamina terhadap berkelanjutan. (Dok. Pertamina)

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, melalui laman microsite ini, masyarakat juga dapat mengetahui langkah Pertamina secara signifikan menuju masa depan berkelanjutan secara komprehensif yang selaras dengan 10 Fokus Keberlanjutan Pertamina.

Di antaranya mengatasi perubahan Iklim, mengurangi jejak lingkungan, melindungi keanekaragaman hayati, meningkatkan kesehatan dan keselamatan, mencegah kecelakaan besar, menghormati & memberdayakan karyawan, mengorientasikan inovasi dan penelitian, mengembangkan keterlibatan dan dampak komunitas, memperkuat keamanan siber dan memanfaatkan etika korporat.

3. Fokus Keberlanjutan Pertamina juga sejalan dengan tujuan global

Percepat NZE, Pertamina Hadirkan Sustainability Micrositeilustrasi gedung Pertamina (dok. Pertamina)

10 Fokus Keberlanjutan Pertamina juga sejalan dengan tujuan global seperti Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (SDGs). Tujuan utama SDGs Pertamina meliputi tujuan #1 Tidak Ada Kemiskinan, #4 Pendidikan Berkualitas, #5 Kesetaraan Gender, #7 Energi Bersih dan Terjangkau, #8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, #12 Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, #13 Aksi Iklim, #14 Kehidupan di Bawah Air, #15 Kehidupan di Darat, dan #16 Perdamaian, Keadilan dan Institusi yang Kuat.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (WEB)

Baca Juga: Pertamina-Hyundai Motor Company Kembangkan Ekosistem Hidrogen di RI

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya