Gelar Sepekan di AWT, Pemkab Banyuwangi Hadirkan Beragam Event Menarik

Juga hadirkan atraksi wisata paket lengkap

Jakarta, IDN Times -- Destinasi wisata Agrowisata Tamansuruh (AWT) Banyuwangi pada pekan ini menghadirkan beraneka ragam event menarik. Selama satu pekan, 26 Juni hingga 7 Juli, destinasi wisata yang berada di lereng Gunung Ijen ini menyajikan atraksi wisata paket lengkap. Mulai dari seni budaya, arsitektur, fashion, edukasi, pertanian, olahraga dan lainnya.  

"Mengunjungi AWT pekan ini kita akan berwisata paket lengkap. Banyak atraksi wisata yang disajikan. Ada pertunjukan seni budaya, pameran arsitektur, hingga pameran lukisan yang dihadirkan di sebuah wisata alam dengan panorama Gunung Ijen,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat membuka Sepekan di AWT, Rabu (26/6/2024).

1. Pengunjung bisa menikmati suasana Agrowisata Tamansuruh

Gelar Sepekan di AWT, Pemkab Banyuwangi Hadirkan Beragam Event MenarikDestinasi wisata Agrowisata Tamansuruh (AWT) Banyuwangi pada pekan ini menghadirkan beraneka ragam event menarik. Selama satu pekan, 26 Juni hingga 7 Juli, destinasi wisata yang berada di lereng Gunung Ijen ini menyajikan atraksi wisata paket lengkap. (Dok. Pemkab Banyuwangi)

Selain disuguhkan aneka atraksi, pengunjung bisa menikmati suasana Agrowisata Tamansuruh yang merupakan destinasi wisata berbasis pertanian di lahan seluas 10,5 hektare. Pengunjung bisa menikmati udara segar khas pegunungan, sambil melihat hamparan berbagai aneka tanaman bunga beraneka warna serta sayuran yang menyegarkan mata.

Terletak di lereng Gunung Ijen, tepatnya di di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, destinasi yang telah direvitalisasi dengan dukungan Kementerian PUPR itu menyuguhkan pemandangan pegunungan Ijen dan Selat Bali dari ketinggian sekitar 450 mdpl. Eksotisme pemandangan tersebut bisa dirasakan saat pengunjung berada di aula besar yang dikelilingi kolam air di tengah kawasan tersebut.

Revitalisasi AWT mengusung konsep Desa Osing, sebuah desa wisata yang menyuguhkan keotentikan budaya asli suku Osing yang merupakan masyarakat asli Banyuwangi. Nuansa khas otentisitas budaya Osing sangat terasa. Gugusan Rumah Osing yang dikelilingi taman bunga menghiasi kawasan tersebut.

Baca Juga: Beras Organik Banyuwangi Tersedia di 18.000 Supermarket se-Indonesia

2. AWT dirancang untuk jadi lokasi multifungsi yang dapat mendukung berbagai kegiatan masyarakat Banyuwangi

Gelar Sepekan di AWT, Pemkab Banyuwangi Hadirkan Beragam Event MenarikDestinasi wisata Agrowisata Tamansuruh (AWT) Banyuwangi pada pekan ini menghadirkan beraneka ragam event menarik. Selama satu pekan, 26 Juni hingga 7 Juli, destinasi wisata yang berada di lereng Gunung Ijen ini menyajikan atraksi wisata paket lengkap. (Dok. Pemkab Banyuwangi)

Selain untuk kegiatan pertanian, AWT juga menjadi tempat bagi berbagai kegiatan lain. Ipuk menyebutkan bahwa acara Jagoan Banyuwangi juga sempat dilaksanakan di lokasi ini. "Tempat ini tidak hanya untuk kegiatan pertanian, tetapi juga ada kegiatan lain," katanya.

Dia menambahkan, AWT dapat menjadi tempat untuk seminar dan kegiatan lainnya. "Jadi AWT ini dijadikan tempat kegiatan lain, seperti seminar atau lainnya bisa," kata Ipuk.

AWT dirancang untuk menjadi lokasi multifungsi yang dapat mendukung berbagai kegiatan masyarakat Banyuwangi. Dengan demikian, tempat tersebut diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi semua pihak. "Mudah-mudahan tempat ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," ujarnya.

3. Sepekan di AWT juga diwarnai Festival Arsitektur Nusantara (FAN) 2024

Gelar Sepekan di AWT, Pemkab Banyuwangi Hadirkan Beragam Event MenarikIpuk Fiestiandani. (dokumentasi Pemkab Banyuwangi)

Sepekan di AWT juga diwarnai Festival Arsitektur Nusantara (FAN) 2024, yang menampilkan desain arsitektur dengan tema "arsitektur dan air" karya desainer lokal hingga nasional.

Selain itu juga dimeriahkan beragam acara seperti Fashion Show Batik dan Recycle (26 Juni), Presentasi Kostum BEC (27 Juni), Cosplay Show dan Sketsa on The Spot (30 Juni), Digital Library (1-5 Juli), Ngopi Bareng Pemuda (2 Juli), Senam Zumba (6 Juli), dan Workshop (7 Juli). Juga ada layanan Adminduk bagi warga oleh Dinas Kependudukan.

Sepekan di Agrowisata Tamansuruh dibuka mulai pukul 08.00-21.00 setiap hari, dan tidak dipungut biaya. (WEB)

Baca Juga: 20 Tim dari 9 Negara Bakal Ikuti Tour de Banyuwangi Ijen 2024

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya