Dengar Warganya Idap Tumor, Bupati Kediri Langsung Respons Cepat

Warga itu merupakan anak dari keluarga kurang mampu

Jakarta, IDN Times -- Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bergerak cepat merespons informasi adanya anak dari keluarga kurang mampu yang mengidap tumor otak di Desa Jajar, Kecamatan Wates, Kamis (30/5/2024). 

Seusai menyalurkan bantuan tunai kepada ratusan PKL di Pendopo Kecamatan Wates, siang itu Mas Dhito langsung mendatangi rumah warganya berdasarkan informasi awal yang dia diterima.

Didampingi kepala desa setempat, camat Wates, dan jajaran di Pemkab Kediri, Mas Dhito menggali informasi terkait informasi yang didengar kepada Patmirohmah (40 tahun), ibu dari anak yang mengidap tumor otak. 

1. Alya dirujuk ke RS Dr Soetomo Surabaya untuk penanganan medis lanjutan

Dengar Warganya Idap Tumor, Bupati Kediri Langsung Respons CepatPemerintah Kabupaten Kediri mengalokasikan dana hibah pola trijuang sebesar Rp5 miliar untuk percepatan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2024. (Dok. Pemkab Kediri)

Diketahui, anak yang bernama Alya (6 tahun) itu sebelumnya telah menjalani perawatan dan operasi di RS Kabupaten Kediri (RSKK). Sedangkan, untuk penanganan medis lanjutan, anak itu harus segera dirujuk ke RS Dr Soetomo, Surabaya. 

Patmirohmah yang kesehariannya bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) dan suaminya bekerja buruh tani merasa terkendala biaya selama nantinya menunggu anaknya menjalani perawatan. 

Mendengar penuturan dari warganya itu, Mas Dhito saat itu pula menghubungi Plt Kepala Dinas Sosial Ariyanto untuk segera memfasilitasi selama keluarga itu mendampingi anaknya yang dirawat di RS Dr Soetomo. 

"Tolong Dinsos nanti kerahkan tim untuk mendampingi orang tuanya, antarkan sampai ke rumah sakit dan yang kedua kebutuhan hidup sambil menunggu anaknya selama di Surabaya," kata Mas Dhito. 

Baca Juga: Percepat Program PTSL, Pemkab Kediri Alokasikan Dana Hibah Rp 5 M

2. Mas Dhito meminta supaya keluarga ini mendapatkan pendampingan untuk peningkatan kesejahteraan

Dengar Warganya Idap Tumor, Bupati Kediri Langsung Respons CepatBupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana berkunjung ke rumah Aditya Daiva Ardhani,13, pelajar SMP yang merawat kedua orang tuanya karena sakit stroke. (Dok. Pemkab Kediri)

Mas Dhito berharap, anak berusia 6 tahun yang mengidap tumor otak itu secepatnya dapat segera ditangani medis. Ke depan, pihaknya meminta supaya keluarga ini mendapatkan pendampingan untuk peningkatan kesejahteraan. 

"Harapan saya setelah pulang (dari RS Dr Soetomo) dari Dinsos memberikan pelatihan kepada bapaknya atau ibunya supaya bisa bekerja dan mendapatkan pendapatan pasti, " ujarnya. 

Sementara itu, Patmirohmah mengisahkan, penyakit yang diderita anaknya itu baru diketahui sekitar Bulan Maret lalu. Waktu itu, lanjut dia, anaknya yang duduk si bangku taman kanak-kanak (TK) itu mendadak terlihat hilang keseimbangan. 

"Awalnya sempoyongan," katanya.

3. Patmirohmah mengaku bersyukur dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan Bupati Dhito

Dengar Warganya Idap Tumor, Bupati Kediri Langsung Respons CepatBupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menerjunkan empat dinas langsung untuk membantu keluarga Aditya Daiva Ardhani, seorang anak yang merawat kedua orang tuanya yang tengah sakit. (Dok. Kediri)

Setelah mencoba mencari pengobatan nonmedis, tapi sakit anaknya tak menunjukkan perkembangan yang positif, dia pun memeriksakan anaknya di rumah sakit. 

Patmirohmah mengaku bersyukur dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan Bupati Dhito. Dia berharap, anaknya cepat mendapatkan pengobatan lanjutan dan kembali sehat seperti sediakala. (WEB)

Baca Juga: Kisah Adit, Pelajar Kediri yang Rela Rawat Orang Tua yang Sakit

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya