TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Perbedaan Tas Smiggle Asli dan Palsu, Awas Tertipu

Salah satu merek tas anak terbaik

Tas Smiggle (instagram.com/smiggle_asia)

Bagi kamu yang ingin membelikan tas Smiggle untuk si kecil, kamu perlu berhati-hati karena saat ini banyak penjual yang menjual produk Smiggle palsu di pasaran. Untuk itu, kamu harus tahu beberapa perbedaan tas Smiggle asli dan palsu sebelum membeli.

Seperti diketahui, Smiggle dikenal sebagai salah satu brand perlengkapan sekolah asal Australia yang berkualitas. Smiggle sudah berdiri sejak 2003 dengan nama yang merupakan singkatan dari "Where a Smile Meets a Giggle".

Beberapa produk Smiggle yang terkenal antara lain tas ransel, botol minum, tas bekal, kotak bekal, hingga kotak pensil. Smiggle juga terkenal dengan produk yang eksklusif dan menggunakan material berkualitas. Untuk itu, yuk simak cara membedakan tas Smiggle yang asli dan palsu di artikel ini!

1. Bahan tas Smiggle asli dan palsu

Tas Smiggle (instagram.com/smiggle_asia)

Hal pertama yang membedakan tas Smiggle asli dan palsu adalah dari bahan atau materialnya. Tas Smiggle yang asli biasanya menggunakan bahan kombinasi poliester atau polyurethane yang terasa kokoh dan kuat. Sedangkan bahan tas Smiggle yang palsu biasanya terlihat tidak kuat dan terasa murahan.

Namun, cara ini tidak bisa menjadi satu-satunya patokan untuk menentukan tas Smiggle asli dan palsu. Sebab, saat ini produk palsu juga sudah menggunakan bahan yang bagus. Selain itu, cara ini cukup sulit dilakukan jika kamu membeli tas secara online.

2. Lapisan dalam tas Smiggle asli dan palsu

ilustrasi tas Smiggle (zalora.co.id)

Perbedaan tas Smiggle asli dan palsu yang kedua terletak pada lapisan bagian dalam tas. Tas Smiggle asli biasanya memiliki kain lapisan di bagian dalam yang memiliki bahan lembut dan halus dengan tampilan glossy. Bahan yang digunakan terasa premium, kuat, dan tebal.

Sedangkan tas Smiggle yang palsu mungkin juga memiliki lapisan bagian dalam, tapi terkadang bahan yang digunakan terasa tipis dan kasar. Hal ini juga bisa dibedakan jika kamu memegang langsung barangnya.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Merek Tas Ransel Terbaik yang Keren dan Awet

3. Struktur tas Smiggle asli dan palsu

Tas Smiggle (instagram.com/smiggle_asia)

Perbedaan tas Smiggle asli dan palsu bisa terlihat dari struktur pada tas. Tas Smiggle original memiliki struktur yang kokoh dan tegak meski dalam kondisi kosong atau tidak ada isinya.

Sementara tas Smiggle KW biasanya memiliki struktur yang lebih lemas dengan bahan yang terasa murahan. Namun, ada juga produk KW yang mungkin terasa tebal, tapi dari segi material tetap terlihat murahan dan tidak kokoh.

4. Bau khas tas Smiggle asli dan palsu

Tas Smiggle (instagram.com/smiggle_asia)

Ciri-ciri yang membedakan tas Smiggle asli dan palsu berikutnya bisa dicek melalui bau atau aroma khasnya. Produk tas Smiggle yang asli biasanya memiliki bau wangi khas produk eksklusif. Pada tas yang menggunakan bahan kulit, akan tercium aroma khas yang lembut dan tidak menyengat.

Sedangkan produk tas Smiggle palsu mungkin akan lebih tercium aroma bahan kimia yang berlebihan. Pada tas berbahan kulit, dapat tercium bau sintetis yang cukup menyengat.

Sayangnya, cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu memegang langsung produknya. Cara ini akan sulit dilakukan jika membeli produk secara online.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sepeda Anak Laki-laki untuk Usia 2-12 Tahun

5. Warna tas Smiggle asli dan palsu

Tas Smiggle (instagram.com/smiggle_asia)

Warna tas juga bisa menjadi salah satu aspek perbedaan tas Smiggle asli dan palsu. Produk tas Smiggle original umumnya memiliki warna yang tajam dengan finishing mengilap atau glossy. Bagian sablon pada tas yang asli juga terlihat lebih tebal, kuat, dan tidak mudah terkelupas.

Sedangkan produk tas Smiggle palsu mungkin memiliki warna yang kurang tajam. Jika diperhatikan lebih detail, biasanya ada bagian-bagian yang tidak rapi seperti desain sablon tidak simetris dan jahitan tidak rapi. Cara ini tidak hanya berlaku pada produk tas ransel, tapi juga tas bekal, pouch, hingga tempat pensil berbahan kain.

6. Harga tas Smiggle asli dan palsu

Tas Smiggle (zalora.co.id)

Perbedaan tas Smiggle asli dan palsu yang paling mudah diketahui adalah dari harganya. Perlu diketahui, harga tas Smiggle asli biasanya dibanderol mula dari Rp500 ribu hingga Rp1 jutaan.

Sedangkan harga tas Smiggle palsu pasti jauh lebih murah daripada produk aslinya, yaitu sekitar Rp100 ribu hingga Rp200 ribu saja. Jika menemukan penjual online yang menawarkan tas Smiggle dengan harga Rp100 ribu atau bahkan di bawahnya, maka kamu patut mencurigainya.

Baca Juga: 10 Perbedaan Crocs Asli dan Palsu, Cek Logo hingga Strapnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya