TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Macam-Macam Sajadah dan Harganya, Ibadah Jadi Nyaman

Mulai dari sajadah lipat hingga sajadah bulu

ilustrasi sajadah (freepik.com)

Bagi umat Islam, sajadah sudah menjadi peralatan wajib saat menunaikan salat atau ibadah lainnya di rumah, masjid, dan tempat lainnya. Pada dasarnya, sajadah berfungsi sebagai alas salat agar terhindar dari najis untuk menjaga kesucian saat salat.

Seiring waktu, sajadah bukan hanya dilihat dari sisi fungsinya saja, tapi juga sisi estetika seperti motif, desain, hingga materialnya. Ada macam-macam sajadah dengan beragam desain dan bahan yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran.

Berikut macam-macam sajadah dan harganya yang bisa membuat ibadah salatmu lebih nyaman dan khusyuk. Simak di bawah ini, yuk!

1. Sajadah beludru

ilustrasi sajadah beludru (Tokopedia Official/Alfauzicollection)

Jenis sajadah yang paling laris dan mudah ditemukan adalah sajadah beludru. Sesuai namanya, sajadah ini menggunakan bahan beludru yang memiliki tekstur halus dan rata. Bahan beludru juga dipilih karena permukaannya yang lembut, sehingga dianggap bisa menambah kenyamanan saat beribadah.

Selain itu, sajadah beludru tidak terlalu berat, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Bahan ini juga digunakan karena harganya yang relatif murah. Sajadah beludru bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp30 ribu saja.

2. Sajadah lipat

Sajadah lipat atau sajadah travel (Tokopedia Official/Prodigo)

Buat kamu yang rajin travelling atau bepergian, rasanya wajib memiliki sajadah yang satu ini. Sajadah lipat atau sering juga disebut sajadah saku biasanya memiliki bahan yang dirancang tipis, sehingga bisa dilipat menjadi kecil dan mudah dibawa ke mana-mana.

Meski tipis, sajadah lipat tetap nyaman digunakan karena biasanya menggunakan bahan yang adem. Namun, kekurangan sajadah ini adalah mungkin tidak senyaman sajadah yang berbahan tebal, terutama saat melakukan sujud.

Harga sajadah lipat ini juga cukup bervariasi, mulai dari Rp30 ribu hingga Rp100 ribuan tergantung bahan dan motif yang ditawarkan.

3. Sajadah sulam

Sajadah sulam (Tokopedia/Sajadah Muslim)

Sajadah sulam merupakan jenis sajadah yang menampilkan tekstur hasil sulaman dengan motif dan warna yang menarik. Sajadah sulam biasanya memiliki ukuran yang besar dengan pola-pola yang mendetail.

Sajadah sulam biasanya juga memiliki tekstur yang agak tipis, tapi tetap lembut dan nyaman saat dipakai sujud. Harga sajadah sulam juga cukup bervariasi, mulai dari Rp20 ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung kualitas bahan dan jahitannya.

Baca Juga: Daftar Harga Sarung Wadimor, Lengkap Jenis dan Motifnya

4. Sajadah tenun

Sajadah tenun (Tokopedia/Makmur Tanah Abang)

Macam-macam sajadah berikutnya adalah sajadah tenun yang memiliki karakter dan ciri khas tersendiri. Sajadah tenun memiliki tekstur unik dan khas yang dihasilkan dari proses mesin tradisional. Motif dan corak pada sajadah tenun biasanya juga cukup beragam dan menarik, seperti corak tanaman hingga simbol-simbol islami.

Sajadah tenun bisa kamu beli secara online di e-commerce dengan harga mulai dari Rp50 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

5. Sajadah turki

Sajadah turki (Tokopedia Official/Alhadi)

Sajadah turki merupakan jenis sajadah dengan bahan yang cukup tebal dan perpaduan warna yang biasanya cukup terang. Sajadah turki juga termasuk sajadah yang paling laris dan sering kita temukan di pasaran.

Sajadah turki biasanya memiliki motif-motif tanaman dan corak Timur Tengah yang menarik dengan dilengkapi rumbai-rumbai pada bagian atas dan bawahnya. Harga sajadah turki mulai dari Rp50 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Baca Juga: Daftar Harga Sarung BHS, Lengkap dengan Tipe-Tipenya

6. Sajadah meshcah

Sajadah meshcah (Shopee/Cahaya Baru Textile)

Salah satu jenis sajadah yang juga tak kalah populer di Indonesia adalah sajadah meshcah. Sajadah meshcah dikenal memiliki bahan yang cukup tebal dan berat, sehingga lebih sering dipakai untuk di satu tempat dan tidak dipindah-pindah.

Sajadah meshcah biasanya juga kita temukan di masjid-masjid atau tempat ibadah publik lainnya. Bahannya yang tebal membuat harga sajadah meshcah cukup tinggi, yaitu mulai dari Rp150 ribu.

7. Sajadah rumbai

Sajadah rumbai (Tokopedia Official/Mydailyhijab)

Sajadah rumbai merupakan jenis sajadah yang memiliki ciri berupa pola jahitan unik dan bagian rumbai-rumbai di bagian atas serta bawahnya. Sedangkan bahan yang dipakai sajadah rumbai biasanya sangat nyaman dan tidak terlalu tebal, sehingga tetap bisa dibawa ke mana-mana.

Selain itu, sajadah rumbai biasanya juga memiliki motif yang simpel, mewah, dan tidak pasaran. Harga sajadah rumbai mulai dari Rp60 ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung model dan material.

Baca Juga: 15 Merk Sarung Terbaik 2024 Beserta Harganya

8. Sajadah busa

Sajadah busa (Tokopedia Official/Trendy)

Sajadah busa juga bisa menjadi pilihan yang tepat agar ibadah salat lebih nyaman dan khusyuk. Sesuai namanya, sajadah busa menggunakan material busa yang cukup tebal di bagian dalamnya. Sedangkan bagian permukaannya menggunakan bahan beludru atau bulu halus yang nyaman dan lembut.

Dengan begitu, kamu dijamin akan betah berlama-lama beribadah dan makin khusyuk. Namun, bahannya yang tebal juga membuat harga sajadah busa relatif lebih mahal daripada beberapa jenis sajadah sebelumnya, yaitu mulai dari Rp190 ribu per buahnya.

9. Sajadah bulu

Sajadah bulu (Tokopedia Official/Dunlopillo)

Bosan dengan sajadah dengan motif dan bahan yang itu-itu saja? Kamu bisa membeli sajadah berbahan bulu seperti karpet yang sangat lembut dan nyaman. Meski tidak setebal sajadah busa, sajadah ini menawarkan tekstur bulu-bulu yang super halus dengan warna dan corak yang lucu.

Kamu bisa betah berlama-lama duduk di atas sajadah ini sambil berzikir atau mengaji dengan nyaman dan tidak mengganggu kekhusyukanmu. Harga sajadah bulu sendiri mulai dari Rp50 ribu dengan kualitas yang standar hingga Rp500 ribu dengan kualitas bulu premium.

10. Sajadah sandar duduk

Sajadah sandar duduk (Tokopedia/Faryuz)

Di e-commerce juga banyak kita temukan inovasi sajadah berupa sajadah sandar duduk yang memungkinkan seseorang bisa beribadah sambil duduk santai. Sajadah sandar duduk memiliki beberapa lipatan yang bisa diangkat untuk menjadi sandaran punggung.

Sajadah ini cocok untuk kamu yang biasanya mudah lelah atau merasakan kaki kesemutan saat berlama-lama duduk bersila di lantai. Dengan sajadah ini, kamu bisa betah berlama-lama menjalankan ibadah seperti mengaji, berzikir, berdoa, dan beriktikaf. 

Harga sajadah sandar duduk ini mulai dari Rp120 ribu hingga Rp250 ribu tergantung desain dan kualitas bahan yang dipakai. Kamu bisa membelinya lewat online di e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Itulah macam-macam sajadah beserta harganya yang bisa kamu pilih sesuai preferensi. Hal yang lebih penting adalah ibadahmu harus tetap khusyuk dan nyaman.

Baca Juga: Sarung di Turki Buat Apa? Ini 5 Fungsinya yang Unik!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya