TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Pakaian Pria untuk Menyesuaikan Undangan Acara

Agar penampilan kamu sesuai dengan acaranya, Bro!

ilustrasi pria berpenampilan menarik (unsplash.com/Alvin Mahmudov)

Undangan menghadiri acara sering didapatkan oleh pria. Namun terkadang pria bingung menentukan pakaian apa yang cocok dipakai untuk datang ke undangan. Tentu memilih pakaian yang tepat perlu dilakukan agar tidak mengecewakan orang yang mengundang. 

Sehingga bagi kamu yang sering bingung ingin memakai pakaian seperti apa saat menghadiri berbagai undangan acara. Kamu bisa simak tips-tips yang akan IDN Times bahas kali ini. Langsung cek apa saja tips-tipsnya ya, Bro!

1. Sesuaikan pakaian dengan tingkat keformalan acara

ilustrasi pria berpenampilan menarik (unsplash.com/Adeolu Eletu)

Kamu perlu memahami tingkat formalitas undangan acara yang kamu dapatkan. Seperti misalnya undangan untuk menghadiri acara formal seperti pertemuan bisnis penting, acara semi formal seperti acara kantor, hingga acara santai seperti pesta ulang tahun di rumah teman.

Kamu perlu menyesuaikan dengan keformalan acara, agar tak terkesan salah kostum. Seperti saat memakai pakaian yang terlalu formal untuk acara santai, bisa dipandang terlalu kaku. Atau menggunakan pakaian yang terlalu santai untuk acara resmi, bisa dipandang kurang menghormati kesakralan acara.

Baca Juga: 5 Kesalahan Mencuci Pakaian Putih yang Bikin Kusam dan Bau

2. Perhatikan waktu dan tempat acara

ilustrasi pria berpenampilan menarik (unsplash.com/Jamie Street)

Dalam menentukan pemilihan pakaian, memerhatikan waktu dan tempat diadakannya acara juga bisa menjadi pertimbangan. Seperti misalnya acara di pagi atau siang hari. Maka pakaian yang lebih santai dengan warna yang cerah dan bahan yang ringan bakal lebih cocok dipakai. Ini bisa memberikan kenyamanan dan kesan santai.

Sedangkan jika acaranya malam, maka menggunakan pakaian berwarna gelap dengan bahan yang lebih elegan dan hangat bisa menjadi pilihan kamu, Bro. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan pakaian dengan tempat acara. 

Seperti misalnya menghadiri undangan pesta di hotel bintang lima yang mewah, akan membutuhkan pakaian yang lebih mewah dan rapi dibanding menghadiri pesta di halaman rumah atau tempat yang lebih kasual. 

3. Perhatikan ketentuan dress code di undangan

ilustrasi pria berpenampilan menarik (unsplash.com/Clem Onojeghuo)

Sebagian undangan acara biasanya menuliskan dress code atau ketentuan pakaian yang harus dipakai saat menghadiri acara. Jika kamu mendapatkan undangan yang memiliki ketentuan dress code, maka pastikan kamu mengikutinya. Sehingga ada baiknya untuk selalu membaca dengan teliti setiap informasi pada undangan. 

Hal ini untuk mencegah kamu salah kostum menggunakan pakaian yang tidak sesuai dress code yang sudah ditentukan. Sehingga kamu tampil beda sendiri dengan tamu undangan lainnya. Dress code dibuat oleh penyelenggara acara untuk membentuk suasana acara, sehingga kita perlu membantu kelancaran acara dengan mengikutinya.

4. Perhatikan model potongan pakaian

ilustrasi pria berpenampilan menarik (unsplash.com/M. Brauer)

Model potongan pakaian pria berbeda-beda lho, Bro. Seperti loose fit yang merupakan potongan longgar, regular fit yang merupakan potongan standar, dan slim fit yang merupakan potongan ketat dan pas di tubuh. Kamu bisa menyesuaikan jenis potongan pakaian dengan kondisi acara yang akan dihadiri.

Potongan loose fit cocok untuk acara kasual karena kesannya yang santai. Sedangkan potongan regular fit hampir cocok untuk semua kondisi. Namun jika kamu ingin tampilan yang lebih rapi dan elegan, khususnya untuk acara resmi, maka slim fit bisa menjadi pilihan utama.

Verified Writer

Rijalu Ahimsa

Men style advice and more

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya