TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Outfit yang Harus Dihindari untuk Pria Berkaki Pendek, Pahami!

Agar tak membuat kaki kamu terlihat semakin pendek

ilustrasi pria berpenampilan menarik (unsplash.com/Andrew Neel)

Setiap pria memiliki kombinasi proporsi tubuh yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kaki dan tubuh yang panjang, ada yang memiliki kaki panjang namun tubuh pendek, ada yang memiliki kaki pendek dan tubuh  panjang, ada juga yang memiliki kaki pendek dan tubuh yang juga pendek. Bagi kamu yang memiliki kaki pendek, baik yang bertubuh pendek maupun bertubuh panjang, ada kalanya kamu ingin membuat siluet tubuh tetap seimbang tanpa membuat kaki kamu terlihat semakin pendek.

Namun terkadang beberapa outfit yang kamu pakai justru membuat kaki terlihat semakin pendek. Sehingga outfit yang membuat kaki terlihat semakin pendek ini perlu kamu hindari. Kali ini IDN Times bakal bahas outfit apa saja yang perlu kamu hindari jika kamu memiliki kaki yang pendek. Simak penjelasannya baik-baik ya, Bro!

1. Hindari celana yang terlalu panjang atau terlalu pendek

ilustrasi celana pria (unsplash.com/Greg Raines)

Salah satu yang memegang peranan penting terhadap proporsi panjang kaki adalah celana yang kamu pakai. Agar kaki tak terlihat semakin pendek, sebaiknya hindari celana yang terlalu panjang maupun terlalu pendek. Celana yang terlalu panjang akan terlipat-lipat bagian bawahnya saat kamu memakai sepatu, sehingga lipatannya seolah mengurangi panjang kaki kamu, karena ada bagian yang terlipat di bagian bawah celana. 

Sebaliknya saat memakai celana yang terlalu pendek. Siluet kaki kamu juga akan terlihat lebih pendek karena panjang celana kurang sampai bawah. Sehingga proporsi panjang kaki kamu terpotong oleh kaus kaki dan sepatu yang kamu pakai. 

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya pastikan panjang celana kamu benar-benar pas. Yakni tepat jatuh di tengah-tengah mata kaki. Kamu bisa memotong celana ke penjahit jika celana kamu terlalu panjang. Dengan panjang celana yang tepat, celana akan turun sempurna dan berakhir tepat di ujung atas sepatu kamu tanpa mengurangi porsi panjang kaki kamu.

2. Hindari atasan yang terlalu panjang

ilustrasi pria memakai jaket panjang (unsplash.com/Venrick Azcueta)

Bervariasinya tren fashion menyajikan beragam model atasan. Salah satunya atasan yang memanjang hingga ke paha atau betis. Seperti baju oversize atau jaket panjang seperti parka. Jika kamu tidak ingin tampilan kaki kamu terlihat semakin pendek, sebaiknya hindari pakaian berupa atasan yang terlalu panjang.

Atasan yang terlalu panjang akan membuat proporsi tubuh kamu terlalu panjang, dan mengurangi proporsi area kaki kamu karena panjang atasan turun hingga ke area kaki. Ini bakal membuat kaki kamu seolah menjadi lebih pendek dari yang sebenarnya.

Gunakan atasan berupa baju atau jaket yang tidak terlalu panjang. Pastikan panjang atasan pakaian yang kamu pakai jatuh di sekitar area ritsleting celana kamu, agar tak terlalu memakan area kaki kamu. Sehingga lebih tercipta keseimbangan visual yang baik untuk penampilan kamu.

Baca Juga: 8 Ide Styling Outer Shirt ala Hoshi SEVENTEEN, Tampil Hype Abis!

3. Hindari pakaian dengan motif yang besar

ilustrasi pria memakai kemeja dengan motif ukuran besar (unsplash.com/VANDER FILMS)

Sebagian pria ada yang suka memakai pakaian dengan motif. Tentu ini sah-sah saja untuk memberikan dimensi pada penampilan. Namun bagi kamu yang tidak ingin kaki terlihat semakin pendek saat menggunakan pakaian bermotif, sebaiknya hindari motif yang terlalu besar. 

Motif yang terlalu besar akan memberikan kontras yang terlalu terlihat antara atasan dan bawahan kamu. Jadi sebaiknya pilih motif yang kecil dan halus. Atau gunakan pakaian tanpa motif dengan warna senada antara atasan dan bawahan agar terlihat lebih menyatu antara badan dan kaki kamu.

4. Hindari memakai sepatu high top

ilustrasi pria memakai sepatu high top (unsplash.com/Brooke Cagle)

Sepatu dengan bagian atas yang tinggi hingga menutup mata kaki atau high top, cukup populer di kalangan pria. Mulai dari sneakers dengan bagian atas tinggi seperti sepatu basket, hingga bot. Jika kamu memiliki kaki pendek sebaiknya hindari sepatu high top. Karena bagian atas sepatu yang tinggi, akan memotong proporsi panjang kaki kamu.

Sebaiknya pilih sepatu low top agar tetap mempertahankan proporsi panjang kaki kamu. Atau jika kamu ingin memakai sepatu high top, pilih yang bagian atasnya ramping sehingga bisa masuk ke dalam celana kamu, agar bisa mempertahankan proporsi panjang celana kamu.

Verified Writer

Rijalu Ahimsa

Men style advice and more

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya