TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Berpakaian untuk Pria Kurus agar Lebih Percaya Diri, Cek Yuk!

Pilih size yang fit dan warna netral

ilustrasi pakaian yang tepat untuk cowok kurus (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bagi pria dengan tubuh kurus, memilih pakaian yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan sedikit strategi dan perhatian pada detail, penampilan bisa terlihat lebih proporsional dan menambah kepercayaan diri.

Namun jangan khawatir, memiliki tubuh yang kurus bukanlah halangan untuk tampil stylish. Berikut ini lima tips berpakaian yang bisa membantu pria kurus tampil lebih percaya diri. Praktikkan langsung!

1. Pilih pakaian dengan potongan yang pas

ilustrasi pakaian yang tepat untuk cowok kurus (pexels.com/Lamar Belina)

Memilih pakaian dengan potongan yang pas adalah langkah penting bagi pria bertubuh kurus. Hindari pakaian yang terlalu ketat karena akan semakin menonjolkan bentuk tubuh yang kurus. Sebaliknya, pakaian yang terlalu longgar juga bisa membuatmu terlihat tenggelam. Cobalah mencari pakaian yang slim fit atau tailored fit yang mengikuti bentuk tubuh tanpa terlalu melekat.

Pakaian dengan potongan pas akan memberikan siluet yang lebih proporsional dan membuat tubuh terlihat lebih berisi. Jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan jasa penjahit untuk menyesuaikan pakaian sesuai ukuran tubuh agar penampilan terlihat lebih rapi dan menonjolkan bentuk terbaik dari tubuhmu.

Baca Juga: 5 Tips Fashion supaya Kamu Terlihat Elegan Layaknya Old Money

2. Pilih warna dan pola yang tepat

ilustrasi pakaian yang tepat untuk cowok kurus (pexels.com/Madison Inouye)

Warna dan pola pada pakaian bisa memengaruhi persepsi visual terhadap tubuh. Bagi pria kurus, menggunakan pakaian dengan warna-warna terang dan netral bisa membuat tubuh terlihat lebih berisi.

Hindari warna hitam atau terlalu gelap karena warna ini cenderung membuat tubuh terlihat lebih langsing. Pilihan warna seperti putih, abu-abu muda, beige, atau biru muda bisa menjadi alternatif yang baik.

Selain warna, pilihlah pakaian dengan pola horizontal atau checkered (kotak-kotak) kecil yang memberikan ilusi tubuh lebih lebar. Pola-pola besar atau garis vertikal sebaiknya dihindari karena pola tersebut cenderung memperpanjang siluet dan membuat tubuh terlihat lebih kurus.

3. Layering untuk tambahan volume

ilustrasi pakaian yang tepat untuk cowok kurus (pexels.com/Armin Rimoldi)

Salah satu trik paling efektif bagi pria kurus adalah bermain dengan layering atau penumpukan pakaian. Dengan menggunakan beberapa lapis pakaian, seperti kaos di dalam dan jaket atau blazer di luar, kamu bisa menciptakan ilusi tubuh yang lebih berisi. Layering memberikan dimensi pada penampilan dan menambah volume pada bagian tubuh yang cenderung terlihat datar.

Pastikan lapisan-lapisan pakaian yang dipilih tetap seimbang dan tidak terlalu tebal. Penerapan teknik layering yang tepat akan memberikan kesan stylish sekaligus membuat tubuh terlihat lebih proporsional tanpa harus mengenakan pakaian yang terlalu berat atau tebal.

4. Hindari celana yang terlalu ketat atau terlalu longgar

ilustrasi pakaian yang tepat untuk cowok kurus (pexels.com/Allan Mas)

Pemilihan celana juga sangat penting dalam menyeimbangkan penampilan pria kurus. Hindari celana yang terlalu ketat seperti skinny jeans, karena akan menonjolkan kaki yang kurus. Sebaliknya, celana yang terlalu longgar juga akan membuat tubuh terlihat kurang proporsional. Pilihlah celana dengan potongan straight leg atau slim fit yang memberikan ruang, namun tetap mengikuti bentuk kaki dengan nyaman.

Selain itu, pastikan panjang celana sesuai dengan ukuran kakimu. Celana yang terlalu panjang atau terlalu pendek bisa merusak proporsi tubuh. Celana dengan lipatan di bagian bawah atau aksen cuff juga bisa memberikan kesan volume lebih pada kaki.

5. Gunakan aksesori dengan bijak

ilustrasi pakaian yang tepat untuk cowok kurus (pexels.com/Ivan Samkov)

Aksesori yang tepat bisa menambah dimensi dan karakter pada penampilan pria kurus. Menggunakan aksesori seperti syal, jam tangan, atau topi bisa menarik perhatian ke detail-detail kecil dan membantu menciptakan keseimbangan pada keseluruhan penampilan. Namun, hindari aksesori yang terlalu besar atau berlebihan karena bisa membuat tubuh terlihat lebih kecil.

Sebagai contoh, syal dengan pola atau bahan tebal bisa menambah volume di area dada dan leher, sementara jam tangan dengan tali sedang atau besar dapat menambah kesan tebal di pergelangan tangan. Pilih aksesori yang sesuai dengan proporsi tubuhmu dan tetap menjaga kesan elegan serta tidak berlebihan.

Bagi pria kurus, berpakaian dengan gaya yang tepat adalah cara ampuh untuk meningkatkan kepercayaan diri. Pada akhirnya, yang terpenting adalah bagaimana kamu merasa nyaman dengan pilihan pakaian yang digunakan dan yakin bahwa penampilanmu sudah mencerminkan kepribadian dirimu yang sebenarnya.

Baca Juga: 5 Tips Fashion yang Effortless tapi Menarik untuk Kuliah, Stylish! 

Verified Writer

Izi Mizi

I do everything what I wanna do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya