TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kelebihan Varsity Jacket dan Saran Padu Padannya Khusus untuk Cowok

Cara simpel tampil gaya dan sporty

ilustrasi cowok bergaya pakai jaket (pexels.com/Farhad Irani)

Ada beberapa fashion item yang mampu memberikan kesan stylish tanpa usaha berlebihan, dan varsity jacket adalah salah satunya. Dari mulanya hanya jaket tim olahraga, kini varsity jacket menjelma bagian dari gaya sehari-hari. Keseimbangan antara kesan sporty dan casual, membuatnya cocok untuk banyak kesempatan.

Buat kamu, terutama cowok, yang ingin tampil keren tapi effortless, varsity jacket bisa jadi andalan. Tidak hanya memberikan gaya, jaket ini juga nyaman dan mudah dipadukan dengan berbagai outfit. Kalau kamu masih ragu, coba simak beberapa kelebihan varsity jacket dan tips padu padannya khusus buat cowok berikut ini.

1. Tampilan timeless dengan gaya casual

ilustrasi cowok bergaya pakai jaket (pexels.com/Milad Heran)

Desain varsity jacket sangat ikonik dengan kombinasi warna yang menarik. Desain paling terkenal adalah garis-garis unik pada bagian ujung lengan, leher, dan pinggang. Kebanyakan dari varsity jacket dihiasi dengan huruf atau angka besar, meski ada juga yang polos.

Jaket satu ini mampu memberikan tampilan timeless. Tidak peduli bagaimana tren fashion berubah, varsity jacket tetap relevan dan tidak pernah kehilangan pesonanya. Desain baru dengan sentuhan modern juga terus diproduksi. Ini bisa jadi pilihan yang aman bagi cowok untuk gaya sehari-hari yang tetap trendi.

Untuk tampilan kasual, perpaduan varsity jacket dengan kaos putih polos dan jeans tidak pernah gagal. Tinggal kenakan sneakers untuk kesan sporty tanpa usaha berlebihan. Gaya ini sangat cocok dipakai untuk berbagai kegiatan santai seperti jalan-jalan, hangout, atau kegiatan akhir pekan.

2. Nyaman dan fleksibel dengan semi-formal look

ilustrasi cowok bergaya pakai jaket (pexels.com/Hatice Baran)

Bahan varsity jacket umumnya lebih tebal, yang mana sangat nyaman dan fleksibel saat dikenakan. Jika cuaca sedang dingin, jaket ini akan memberi kehangatan dan tahan panas saat cuaca sedang terik. Kesan semi-formal pun bisa disesuaikan sepanjang hari tanpa mengorbankan gaya dan kenyamanan.

Jika butuh tampilan semi-formal, varsity jacket bisa kamu padukan dengan celana chino dan kemeja lengan pendek yang berkerah. Kalau mau lebih simpel, langsung gunakan varsity jacket modern yang sudah dilengkapi kerah. Kombinasi ini memberikan kesan rapi tapi tetap kasual. Cocok untuk acara makan malam santai atau hangout bersama teman.

Baca Juga: 5 Inspirasi Style Varsity Jacket Buat Cowok Masa Kini, Dijamin Cakep!

3. Versatile atau serbaguna dengan sentuhan monochrome

ilustrasi cowok bergaya pakai jaket (pexels.com/Shubham Rawat)

Kelebihan lain dari varsity jacket adalah kemampuannya untuk dipadukan dalam berbagai gaya. Berkat desainnya yang sederhana tapi berkarakter, jaket ini bahkan cocok dipakai dalam tampilan yang lebih minimalis seperti monochrome. Varsity jacket benar-benar serbaguna untuk berbagai gaya dan acara.

Bagi yang ingin mencoba gaya monochrome yang sleek, gunakan varsity jacket hitam putih dengan outfit serba hitam atau putih. Untuk bawahnya, lengkapi tampilanmu dengan boots untuk menambah kesan edgy. Gaya ini bisa dipakai ke acara kasual maupun semi-formal yang lebih trendi dan modern.

4. Sporty dengan gaya streetwear

ilustrasi pria bergaya pakai jaket (pexels.com/Jhostin Peraza)

Kelebihan paling utama dari varsity jacket adalah sentuhan sporty-nya yang tidak terkesan berlebihan. Ini memungkinkan kamu tampil dengan nuansa atletis yang stylish dan tetap nyaman. Tidak heran, jaket ini sering menjadi pilihan utama dalam dunia streetwear karena kesan santai dan modern yang ditawarkannya.

Tampilan streetwear yang kekinian, lebih mudah pakai jaket satu ini. Kamu hanya perlu memadukan varsity jacket dengan oversized t-shirt, celana jogger, dan sneakers chunky untuk kegiatan sehari-hari. Kombinasikan pula dengan aksesoris seperti topi snapback atau tas selempang untuk memperkuat gaya urban yang fresh.

5. Praktis untuk layering di cuaca dingin

ilustrasi cowok memakai pakaian musim dingin (pexels.com/Farhad Irani)

Selain gaya dan kenyamanan, varsity jacket juga memberikan kelebihan dalam hal fungsionalitas. Bahannya yang tebal membuatnya ideal untuk dipakai sebagai lapisan luar saat cuaca dingin. Meskipun tebal, varsity jacket tetap terasa ringan, sehingga mudah dipadukan dengan pakaian lainnya.

Pertama, kenakan kaus tipis, lalu hoodie tebal, dan barulah lapisi dengan varsity jacket di bagian paling luar. Padu padan layering tersebut, akan memberikan kehangatan ekstra sekaligus tampilan yang lebih keren. Gaya ini menawarkan kesan stylish dan rasa nyaman untuk kegiatan outdoor selama musim dingin.

Bukan jaket biasa, varsity jacket dapat meningkatkan gaya tanpa banyak usaha, cocok buat para cowok yang gak mau ribet. Mulai dari tampilan kasual hingga semi-formal, jaket ini fleksibel untuk berbagai situasi. Namun, pastikan kamu bereksperimen dengan padu padan yang tepat agar tampilanmu selalu terlihat keren dan fresh!

Baca Juga: Potret Idol KPop Pakai Varsity Jacket Kampus, bak Ikut University War

Verified Writer

Akromah Zonic

Dont be yourself, but be better :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya