TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Merawat Wajah agar Terhindar dari Jerawat, Mudah Dilakukan!

Kebersihan paling penting

ilustrasi pria membersihkan wajah (pexels.com/ronlach)

Kulit berminyak dan berjerawat adalah masalah umum di seluruh dunia, baik bagi perempuan maupun pria.Jerawat adalah reaksi kulit terhadap bakteri alami yang ada di permukaan kulit. Setiap orang memiliki jenis bakteri ini, jadi mitos bahwa orang yang menderita jerawat berlebihan entah bagaimana kurang bersih, hanyalah mitos yang tidak berdasar oleh sains.

Dalam kasus penderita jerawat, propionibacterium acnes adalah salah satu yang akan mengaktifkan pada kulit dari keadaan biasanya tidak aktif menyebabkan iritasi dan kemudian jerawat. Lebih khusus lagi, sering kali folikel rambut yang tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak kemudian menjadi meradang.

Bagi pria merawat kulit terutama wajah kerap disepelekan, hal ini tak lain bisa menjadi pemicu jerawat pada wajah karena perawatan yang kurang tepat. Agar kamu terhindar dan terbebas dari masalah jerawat, simak beberapa tips berikut ini yuk!

1. Kurangi menyentuh wajah

ilustrasi pria mengeringkan wajah (pexels.com/ronlach)

Saat menjalani rutinitas normal tangan bersentuhan dengan semua jenis kontaminan. Tentu saja bisa disengaja ataupun tidak disengaja kamu bisa saja menyentuh wajah dan bakteri yang ada pada tangan mendapatkan akses ke kulit wajahmu.

Jika terbiasa menyentuh wajah, berusahalah untuk mengubah kebiasaan ini. Hal ini akan membantu menjaga kulit tetap sehat dan dapat mengurangi frekuensi jerawat. Serta apa pun itu, biasakan untuk sering-sering mencuci tangan. Ini akan menjaga kulit tetap sehat.

2. Bersihkan wajah dua kali sehari

ilustrasi pria membersihkan wajah (pexels.com/ronlach)

Sama seperti jenis kulit lainnya, kulit berminyak dan berjerawat juga harus dicuci secara menyeluruh setidaknya dua kali sehari untuk menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit.

Karena tekstur dan ketebalan kulit pria berbeda dengan kulit perempuan, kamu perlu menggunakan pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk pria yang cocok untuk kulit.

3. Jaga kelembapan kulit

ilustrasi pria gunakan beauty care (pexels.com/ronlach)

Ini adalah kesalahpahaman umum para pria, terutama mereka yang memiliki kulit berminyak, dapat melewatkan pelembap. Untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan segar sepanjang hari, kamu perlu menggunakan krim wajah pria yang membantu mengatasi kulit berjerawat. 

Menambahkan kembali kelembapan setelah mencuci muka sangat diperlukan bahkan ketika kamu memiliki jenis kulit berminyak, jika tidak melembapkannya, tubuh mungkin akan memberikan kompensasi yang berlebihan dan menghasilkan lebih banyak minyak daripada yang dibutuhkan untuk menebus kelembapan yang hilang. 

Baca Juga: 5 Manfaat Cuci Wajah dengan Scrub untuk Pria, Wajah Bersih Maksimal!

4. Bersihkan seprei dan sarung bantal

ilustrasi pria tertidur (pexels.com/olly)

Wajah menghabiskan beberapa jam setiap malam di atas bantal. Jika tertutup kuman, peluang terkena jerawat akan bertambah. Jadi jagalah kebersihan seprai dan sarung bantal. Inilah saatnya untuk bersikap lebih dewasa dalam kebersihan diri dengan teratur membersihkan kamar tidur termasuk sarung bantal dan seprei. 

Untuk benar-benar mencegah timbulnya jerawat, kamu juga perlu menjaga kebersihan wajah di malam hari. Jadi sebelum berbaring di seprai baru, gunakan pembersih wajah untuk pria dan pelembab wajah untuk pria.

5. Mencukur lebih cerdas

ilustrasi pria bercukur (pexels.com/multimediayreaccion)

Mengganti pisau cukur lebih sering juga perlu. Terlalu banyak pria yang terlalu sering menggunakan pisau cukur mereka. Ruang yang hangat dan lembap di antara bilah pisau sangat subur bagi bakteri penyebab jerawat. Menggunakan kembali pisau cukur yang sama terlalu sering dapat mengundang bakteri ke dalam kulit. 

Cuci dan gosok terlebih dahulu menggunakan pencuci muka untuk pria sebelum bercukur, ini akan menghilangkan bakteri atau sampah lain yang mungkin menempel pada kulit. Kemudian gunakan scrub wajah untuk pria untuk membersihkan lebih dalam. Menggosok pori-pori dari sel kulit mati, bakteri, dan penumpukan minyak mencegahnya mengiritasi kulit atau menyebabkan jerawat setelah bercukur.

Gunakan minyak cukur atau krim cukur untuk mencukur agar membuat kulit nyaman dan bebas noda.Jangan hanya mencukur, membilas, dan selesai, ini akan membuat kulit berisiko mengalami iritasi yang signifikan. Gunakan aftershave  bebas alkohol yang menenangkan dan menghidrasi kulit yang baru saja dicukur.

6. Waspadai kafein, gula, dan alkohol

ilustrasi ggula (pexels.com/paveldanilyuk)

Kulit perlu tetap terhidrasi agar terlihat terbaik. Hidrasi yang baik juga membantu kulit  melawan jerawat. Jadi minum banyak air sangat bagus untuk kulit. Tetapi kafein dan alkohol sama-sama berfungsi untuk membuat tubuh dehidrasi serta gula bisa menyebabkan peradangan.

Beberapa pria dapat menghubungkan jerawat kulit mereka dengan minum gula, kafein, dan alkohol. Jika jerawat terus bermunculan dan meradang, sudah seharusnya kurangi minuman yang membuat dehidrasi. Beralih ke teh bebas kafein saat ingin mencoba minuman hangat. Batasi konsumsi alkohol serta ganti soda manis dengan pilihan yang lebih sehat seperti air, seltzer, dan jus alami.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Pala untuk Perawatan Wajah, Bikin Cerah! 

Verified Writer

Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya