TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengenali Parfum Cowok yang Wanginya Awet

Wajib coba!

Ilustrasi parfum (pexels.com/Alesia Kozik)

Sebagian besar orang pasti selalu meneliti barang yang akan mereka beli, tidak terkecuali dengan cowok. Hal ini juga kerap mereka lakukan ketika memilih parfum untuk mereka sendiri. Salah satu parfum yang sering dipilih ialah parfum yang wanginya awet dan tahan lama.

Memilih parfum yang wanginya awet ada tipsnya lho. Pada penjelasan kali ini, akan ada sedikit pemaparan tips tersebut. Ingin tahu seperti apa, yuk simak langsung penjelasan berikut.

1. Perhatikan kandungan minyak esensial murninya

ilustrasi parfume (pexels.com/elinafairytale)

Salah satu tips mengenali parfum cowok yang wanginya awet ialah dengan memperhatikan kandungan minyak esensial murninya. Semakin tinggi kandungannya, wangi parfum tersebut akan tahan lama ketika dipakai. Bahkan, wanginya akan menempel pada tubuh seharian hingga kita membersihkannya dengan mandi.

Contohnya adalah tipe parfum yang kadar minyak esensial murninya 20--30%, eau de perfume dengan kadar minyak esensial 15--20% atau eau de toilette yang kadar minyak esensial murninya 5--15%. Ketiga tipe parfum di atas termasuk tipe parfum yang wanginya awet.

2. Parfum dengan tipe wangi oriental

ilustrasi parfum (pexels.com/babigaleane)

Ada empat tipe aroma parfum yang biasa kita kenal, yaitu aroma fresh, floral, woody, dan oriental. Aroma fresh biasanya berasal dari aroma buah atau citrus yang wanginya segar. Sementara itu, untuk floral berasal dari aroma bunga dan woody berasal dari aroma kayu.

Ada juga aroma oriental yang biasanya punya wangi yang kuat. Untuk kamu yang ingin memiliki parfum dengan aroma yang awet, kamu bisa memilih tipe parfum dengan aroma oriental. Parfum tipe aroma woody juga bisa dipilih walau wanginya tak sekuat oriental. Namun, biasanya harganya juga cenderung lebih mahal.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Parfum Eau de Toilette Pria dari Brand Lokal, Cek Guys!

3. Parfum yang semakin besar molekul parfumnya

ilustrasi parfum (pexels.com/dids)

Kita pasti pernah mendengar istilah molekul parfum yang sering juga dikenal dengan istilah base notes. Molekul parfum atau base notes ini juga memengaruhi ketahanan parfum nantinya. Semakin besar molekul parfum, semakin tahan lama parfum pada saat kita pakai.

Sebaliknya, semakin kecil molekul parfumnya, semakin tidak tahan lama wangi ketika dipakai. Sebaiknya kamu perlu memperhatikan hal ini ketika memilih parfum ya guys.

4. Terdapat kandungan senyawa fiksatif

Ilustrasi parfum (pexels.com/Daria Liudnaya)

Senyawa fiksatif berasal dari bahan alami yang nantinya mampu membantu parfum bertahan lebih lama. Bahkan, tidak hanya bertahan lama di pakaian, tetapi juga pada kulit. Sebaiknya perhatikan hal ini pula sebelum membeli parfum jika ingin mempunyai parfum yang tahan lama bro.

Memang cukup sulit mengetahui kandungan senyawa fiksatif pada parfum, namun beberapa merk memberikan informasi pada kemasannya. Inilah manfaat teliti dulu sebelum membeli.

5. Perhatikan kemasan parfum tersebut

Ilustrasi parfum (pexels.com/Abdulrhman Alkady)

Kemasan parfum juga terkadang memengaruhi apakah parfum tersebut awet digunakan atau tidak. Kemasan yang baik pada parfum akan menjaga kualitas parfum tetap baik. Dengan kemasan parfum yang baik, parfum akan terjaga kualitasnya walau ditempatkan di berbagai tempat sekalipun.

Namun, sebaiknya tempatkan parfum pada tempat yang kering dan sejuk. Hindarkan dari tempat yang terkena matahari secara langsung.

Ketika kita ingin membeli parfum yang wanginya kuat, terkadang ada beberapa tanda yang bisa kita temukan. Jika kamu mau, kamu bisa mencoba beberapa tips seperti tersebut di atas ya. Selamat mencoba! Semoga artikel di atas bisa membantu kamu memilih parfum yang tepat nantinya ya guys.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Parfum Cowok Aroma Citrus Tipe Eau De Toilette

Verified Writer

Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya