TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Charcoal yang Terkandung dalam Face Scrub Cowok, Pahami!

Pembersih pori-pori

Ilustrasi charcoal (pexels.com/KATRIN BOLOVTSOVA)

Selain dijadikan bahan alami pada sampo hingga sabun, charcoal juga jadi salah satu kandungan yang baik pada face scrub. Pada saat sekarang ini, banyak sekali produk face scrub cowok yang mengandung charcoal. Bahkan, ada beberapa merek yang menjadikan charcoal bahan utama dari produk face scrub mereka.

Mengapa demikian, pastinya charcoal punya peran penting pada setiap proses face scrub merawat kulit. Beberapa peran penting tersebut bisa kamu rasakan setelah penggunaan secara teratur. Jika ingin mengetahui peran seperti apa, simak penjelasan berikut ini ya, guys!

1. Menyerap minyak pada kulit

ilustrasi pria (pexels.com/ronlach)

Charcoal sering kali dijadikan bahan utama dalam pembuatan face scrub cowok. Salah satu alasannya karena charcoal punya kemampuan lebih untuk menyerap minyak pada kulit. Permasalah minyak berlebih memang kerap dialami banyak cowok, terlebih cowok aktif.

Kemampuan charcoal untuk menyerap minyak berlebih ini pula yang banyak dimanfaatkan untuk mencegah adanya jerawat. Seperti kita ketahui, kotoran yang bercampur dengan minyak pada wajah berpotensi menimbulkan jerawat. Terlebih ketika kita malas untuk cuci muka menggunakan sabun muka.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Face Scrub dari Jenisnya, Wajib Paham!

2. Membersihkan pori-pori dari kotoran

Ilustrasi cuci muka (pexels.com/RDNE Stock project)

Jika dibandingkan cewek, kebanyakan cowok cenderung lebih cuek jika berbicara soal perawatan. Hal ini yang keram memunculkan masalah pori-pori wajah yang kotor hingga lapisan terdalam. Langkah awal bisa rutin melakukan cuci muka dengan face scrub pilihan.

Jenis face scrub yang bisa digunakan ialah face scrub dengan kandungan charcoal di dalamnya. Pasalnya, charcoal sendiri punya manfaat sebagai pembersih pori-pori dari kotoran hingga minyak. Cobalah pakai face scrub dengan kandungan charcoal yang memang sesuai dengan kulit wajah kamu ya, guys!

3. Mencegah pori-pori tersumbat

ilustrasi pria (pexels.com/rodnaeproduction)

Manfaat lain dari kandungan charcoal ialah dapat mencegah pori-pori yang tersumbat. Biasanya, pori-pori yang tersumbat ini akibat kotoran yang menumpuk dan terlalu lama tidak dibersihkan. Padahal, penting sekali mempunyai keadaan pori-pori yang bersih dan mengecil.

Pori-pori yang besar dan kotor akan menyebabkan komedo, pastinya hal ini dihindari betul oleh cowok. Sebaiknya, setelah beraktivitas, cuci muka dengan face scrub pilihan. Salah satu pilihan face scrub terbaik ialah produk yang ada kandungan charcoal di dalamnya.

4. Menekan tumbuhnya bakteri penyebab jerawat

ilustrasi pria (pexels.com/cottonbro)

Masalah jerawat pada wajah bisa dicegah dengan berbagai cara. Salah satunya dengan rutin membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka yang tepat. Carilah sabun cuci muka yang bisa mencegah jerawat dan ramah untuk kulit.

Salah satunya sabun cuci muka yang mengandung bahan alami seperti charcoal. Di balik manfaat lain, kandungan charcoal ternyata juga dapat menekan tumbuhnya bakteri penyebab jerawat. Dengan minimnya bakteri tersebut, jerawat akan jauh dan kulit akan lebih sehat.

Verified Writer

Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya