TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 50 Kg, Patut Dicoba!

Berat badan ideal sangat berpengaruh pada kesehatan

ilustrasi menimbang berat badan (freepik.com/rawpixel.com)

Siapa di sini yang ingin memiliki berat badan yang ideal? Jawabannya sudah jelas, setiap orang pasti menginginkan hal tersebut. Misalnya, seseorang yang memiliki berat badan 60 kg mungkin menginginkan turun menjadi 50 kg atau bahkan lebih dari itu.

Sebagian orang masih ada yang menganggap menurunkan berat badan 60 kg menjadi 50 kg begitu sulit direalisasi. Padahal, sebenarnya jika mereka mengetahui caranya pasti akan terasa lebih mudah untuk dilakukan. Berikut adalah cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 50 kg secara sehat dan alami.

1. Sarapan setiap pagi

ilustrasi sarapan (pixabay.com/the5th)

Sarapan adalah aktivitas yang mesti dilakukan setiap orang sebelum memulai hari. Teruntuk yang ingin menurunkan berat badan, bukan berarti kamu harus mengurangi makan dengan melewatkan sarapan.

Kamu tetap wajib sarapan namun tidak perlu mengonsumsi makanan yang berat. Cobalah makanan dengan porsi ringan tapi kaya akan nutrisi.

Baca Juga: 7 Kreasi Pancake Rendah Kalori, Sarapan Kenyang dan Gak Bikin Buncit!

2. Jangan melakukan diet

ilustrasi smoothie (pexels.com/Madison Inouye)

Diet memang terasa ampuh menurunkan berat badan dalam jangka pendek. Namun, apabila kamu menghentikan program diet tanpa mengatur pola makan, berat badanmu bisa saja kembali melonjak.

Dalam jangka waktu yang singkat, mengonsumsi makanan yang aneh atau mengurangi beberapa jenis makanan pada saat diet dinilai kurang worth it untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Ide Makanan Bergizi dan Lezat untuk Kebugaran Tubuhmu

3. Melek kandungan gizi di kemasan makanan

ilustrasi daftar nilai gizi (freepik.com/Rawpixel.com)

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 50 kg selanjutnya yaitu selalu membaca kandungan gizi yang tertera di kemasan makanan. Sebelum mengonsumsinya, kamu harus rajin melakukan hal tersebut. Kamu harus menyesuaikan kebutuhan energi dan kalori harianmu.

Salah satunya dengan cara selalu memperhatikan kandungan yang terdapat dalam makananmu. Di belakang kemasan makanan sudah tertera jelas takaran gizinya.

Baca Juga: 14 Manfaat Treadmill bagi Tubuh, Tingkatkan Kualitas Tidur!

4. Makan teratur

ilustrasi makan teratur dan bergizi (pexels.com/Jack Sparrow)

Tahukan kamu bahwa tubuh kita akan otomatis menurunkan metabolismenya saat sedang lapar. Hal tersebut ternyata tidak bagus untuk program penurunan berat badan.

Agar hak tersebut tidak terjadi, selalu perhatikan jadwal dan pola makan harianmu. Buatlah jadwal makan yang bagus dan konsisten agar metabolisme tubuhmu tetap seimbang.

Baca Juga: 6 Alat Olahraga untuk di Rumah, Olahraga Jadi Lebih Mudah

5. Mengonsumsi serat yang cukup

Ilustrasi buah-buahan (freepik.com/lifeforstock)

Serat bisa mempercepat rasa kenyang. Dengan begitu, secara otomatis dapat mengurangi porsi makan. Sebagian besar serat mengandung kadar air yang tinggi dan rendah kalori sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan. Pilihlah makanan yang mengandung serat yang tinggi.

Baca Juga: 5 Perbedaan Jogging dan Lari, Lebih Sehat yang Mana ya?

6. Selalu konsumsi makanan sehat dan bergizi

ilustrasi makanan sehat (freepik.com/master1305)

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 50 kg berikutnya yaitu dengan selalu mengonsumsi makanan yang sehat bergizi. Pilihlah makanan dengan kandungan lemak jenuh yang rendah. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Untuk sumber lemak, cobalah menggunakan minyak sayur. Minyak sayur mengandung lemak tak jenuh. Konsumsi juga ikan yang merupakan sumber omega 3.

Baca Juga: 6 Tempat Jogging di Jogja, Suasana Ramai Bikin Semangat

7. Rutin olahraga

ilustrasi jogging (freepik.com/pressfoto)

Rutin berolahraga sangat ampuh menurunkan berat badan. Sesuaikan olahraga yang dilakukan dengan kondisi tubuhmu. Pilihlah olahraga kardio seperti jogging atau latihan menggunakan treadmill. 

Baca Juga: 3 Cara Menjaga Makanan agar Tetap Bersih dan Sehat

8. Mengonsumsi makanan berprotein

ilustrasi makanan tinggi protein (freepik.com/naumenkooleksandra)

Bukan hanya serat yang dapat mempercepat rasa kenyang, protein juga. Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dapat membuatmu kenyang dalam waktu singkat. Perut yang kenyang tentu saja akan mengurangi rasa ingin makan makanan yang tinggi kalori.

9. Hindari konsumsi camilan di malam hari

ilustrasi keripik kentang (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Kesalahan besar seseorang ketika sedang menjalani program penurunan badan adalah ngemil di malam hari. Hal itu dikarenakan kalori yang terdapat dalam makanan akan tertimbun di dalam tubuh. Salah satu cara untuk mengatasi rasa ingin ngemil malam hari adalah dengan menggosok gigi. 

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg dalam 2 Minggu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya