TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Grooming untuk Pria Usia 20-an, Siap Tampil Fresh!

Perawatan kulit wajah yang konsisten jadi salah satu caranya

ilustrasi pria di usia 20-an (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjaga penampilan bukan hanya bagi kaum hawa saja. Cowok juga perlu memperhatikan grooming agar selalu terlihat fresh dan menarik. Terkhusus bagi kamu yang berada di usia 20-an, kini adalah momen yang tepat untuk mulai membangun rutinitas grooming yang baik.

Di usia 20-an, penampilan yang rapi dan segar dapat meningkatkan kepercayaan diri sekaligus menyuguhkan kesan yang lebih profesional dalam berbagai situasi. Oleh karena itu, penting untuk memahami dasar-dasar grooming dan menerapkannya secara tepat dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas, seperti apa kiatnya? Yuk, langsung kita intip kelima tips grooming di bawah ini agar penampilan sehari-harimu tampak lebih segar dan percaya diri! Simak sampai akhir, Bro!

1. Konsisten dengan rutinitas perawatan kulit wajah yang tepat

ilustrasi pria mencuci wajah (unsplash.com/Lumin)

Kulit wajah yang bersih dan sehat adalah landasan penampilan yang menawan, terutama saat kamu memasuki usia 20-an. Dilansir Otokomae, pria di usia 20-an memiliki kadar sebum wajah hingga tiga kali lebih banyak dibandingkan perempuan. Jika tidak diperhatikan, sebum berlebih dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk jerawat dan komedo.

Mulailah dengan mencuci muka dua kali sehari menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Selain itu, jangan pernah lewatkan moisturizer atau pelembap, sebab kulit yang terhidrasi akan membuatmu tampak lebih segar dan bercahaya. Di usia 20-an, sunscreen juga menjadi hal penting untuk melindungi kulit dari paparan UV dan mencegah kerusakan jangka panjang. Tentunya, kamu gak mau punya kulit wajah yang kusam, bukan?

2. Curi perhatian dengan rambut rapi yang tertata setiap hari

ilustrasi pria memotong rambut di barber shop (unsplash.com/John Karlo Mendoza)

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang sangat menentukan penampilan. Pastikan kamu mencuci rambut secara teratur dengan sampo yang sesuai jenis rambutmu. Jika kamu sering menggunakan produk styling, seperti gel atau wax, jangan lupa bersihkan secara menyeluruh untuk mencegah kotoran yang dapat merusak rambut.

Di usia 20-an, mencoba berbagai gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajahmu bisa menentukan kepribadian. Gaya rambut yang rapi dan tertata akan memberikan kesan profesional dan fresh pada penampilan keseluruhan. Kunjungi barber secara rutin untuk mendapatkan perawatan sekaligus rekomendasi potongan gaya rambut yang tepat.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Jenggot yang Cepat Tumbuh, Biar Tetap Rapi!

3. Maksimalkan penampilan dengan perawatan jenggot dan kumis yang benar

ilustrasi pria mencukur janggut (unsplash.com/Supply)

Jika kamu memilih untuk memelihara jenggot atau kumis di usia 20-an, pastikan untuk merawatnya dengan baik. Dengan perawatan yang tepat, jenggot dan kumis bisa menjadi salah satu daya tarik utama dalam penampilanmu. Selalu gunakan produk khusus untuk menjaga kelembapan serta kelembutan tekstur rambut wajahmu.

Selain itu, rajinlah merapikan jenggot dan kumis dengan alat pencukur yang sesuai. Dilansir GQ, kamu dapat memakai pisau cukur untuk mengurangi gesekan serta menggunakan alat persiapan yang tepat, seperti minyak atau krim cukur tanpa kandungan alkohol. Hal tersebut disarankan untuk mencegah iritasi, mengingat karakteristik kulit wajah yang cenderung masih sensitif di usia 20-an.

4. Jangan biarkan senyum menawanmu terhalang oleh masalah kebersihan gigi dan mulut

ilustrasi pria menyikat gigi (unsplash.com/National Cancer Institute)

Kebersihan gigi dan mulut adalah bagian grooming yang sering terlupakan. Padahal, menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal penting untuk meningkatkan penampilan. Gosok gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Jangan lupa mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau ketika bulu sikat mulai usang.

Selain itu, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang mungkin tertinggal di antara gigi. Jika perlu, gunakan obat kumur untuk memberikan kesegaran tambahan pada mulutmu. Di usia 20-an, senyum yang cerah dan napas yang segar pasti akan meningkatkan rasa percaya diri dan membuatmu lebih menarik di berbagai situasi sosial.

Verified Writer

Raymond Clement

Inspiring through fashion and lifestyle

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya