TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Merawat Kulit Sensitif supaya Tetap Sehat dan Lembut, Cek Yuk! 

Tidak melakukan eksfoliasi berlebihan

ilustrasi penggunaan toner (istockphoto.com/chachamal)

Buat kamu yang mempunyai kulit sensitif, pastinya tidak sembarangan dalam memilih produk perawatan dan lebih berhati-hati dalam menggunakan produk. Hal ini disebabkan karena kulit sensitif rentan mengalami kemerahan, bruntusan, atau bahkan mudah perih.

Berikut beberapa tips dalam merawat kulit sensitif agar tetap sehat dan terasa lembut. Penasaran apa saja? Cek pembahasannya lewat artikel ini. Baca sampai selesai. Let's check this out!

Baca Juga: 5 Tips Perawatan Kulit di Tengah Polusi Udara, Catat!

1. Memilih cleanser yang mild

ilustrasi produk cleansing oil (unsplash.com/Nina Mercado)

Sebaiknya kamu memilih cleanser yang tak menyebabkan kulit kering dan ketarik setelah penggunaan. Kamu bisa menggunakan cleansing oil atau cleansing balm sebagai tahapan pembersih pertama. Kedua jenis cleanser ini lembut dan menjadikan kulit tetap lembap.

Kamu tidak disarankan untuk memakai micellar water karena akan menimbulkan gesekan yang berasal dari usapan kapas yang cukup kasar untuk kulit sensitif. Namun, apabila kamu lebih nyaman dengan micellar water, maka kamu sebaiknya memilih yang non-alkohol.

Untuk tahapan pembersih kedua atau facial wash, kamu sebaiknya tidak menggunakan produk yang menghasilkan banyak busa, soap-free, atau SLS/SLES-free. Trik tersebut akan membuat kulitmu senantiasa bersih namun tak mudah kering atau timbul kemerahan setiap kali selesai membersihkan wajah.

2. Memakai toner non-alkohol

ilustrasi penggunaan toner (istockphoto.com/chachamal)

Tips kedua, kamu sebaiknya memakai hydrating toner yang memang direkomendasikan untuk kulit yang sensitif dan kering, agar setelah membersihkan wajah kulit kembali segar dan lembap.

Selain itu, gunakanlah toner yang non-alkohol dan saat menggunakannya tak perlu memakai kapas. Cukup tepuk-tepukkan hydrating toner dengan telapak tangan yang bersih ke seluruh kulit wajah dan lehermu.

3. Melembapkan kulit

ilustrasi pelembab (unsplash.com/Alexandra Tran)

Mengaplikasikan pelembap setiap hari adalah kewajiban bagi orang dengan kulit sensitif. Pelembap ini akan melindungi kelembapan dan menguatkan skin barrier, yang mana sangat diperlukan oleh kulit sensitif yang rentan mengalami kekeringan.

Kamu disarankan untuk menggunakan pelembap dengan tekstur yang creamy dan kaya akan nutrisi yang baik untuk menjadikan kulit tetap bercahaya sehat.

4. Menggunakan tabir surya setiap hari

ilustrasi sunscreen (istockphoto.com/t_kimura)

Mengaplikasikan tabir surya menjadi tahapan yang tak boleh dilewatkan sebagai rangkaian morning skincare routine kamu. Walaupun kamu hanya berada di rumah saja, namun kamu tetap harus menggunakan produk ini.

Tabir surya memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kulit dari penuaan dini, melindungi dari efek buruk sinar matahari, serta kanker kulit. Kamu sebaiknya menggunakan produk tabir surya dengan formula melembapkan namun tak meninggalkan kesan yang lengket, supaya kamu nyaman menggunakannya setiap hari. Saat ini terdapat banyak sunscreen dengan kandungan centella asiatica, yang bisa membantu menenangkan kulit sensitif.

Baca Juga: 5 Perawatan Kulit dari Dalam untuk Cowok yang Sering Terpapar Polusi

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya